5 Musuh Houthi di Dalam Negeri Yaman

Sabtu, 20 Januari 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
“Selain itu, PLC memberikan legitimasi kepada berbagai kelompok bersenjata yang beroperasi tanpa secara resmi berada di bawah komando pemerintah.”

Namun serikat PLC adalah salah satu pihak yang mudah dalam melawan Houthi dan kelompok ini mempunyai banyak perbedaan yang saling bersaing dan, terkadang, tidak dapat diselaraskan.

“PLC jarang mencapai kesepakatan dengan suara bulat,” kata al-Hamdani, “sering kali membutuhkan bimbingan dari pendukung asing mengenai posisi terbaik yang harus diambil.”


2. Dewan Transisi Selatan

5 Musuh Houthi di Dalam Negeri Yaman

Foto/Reuters

Mayor Jenderal Aidarus al-Zoubaidi, mantan gubernur kota kedua terbesar di Yaman, Aden, adalah pemimpin STC yang beranggotakan 26 orang dan duduk di PLC.

Anggota STC lainnya adalah menteri dan gubernur dari Yaman selatan.

Angkatan bersenjata mereka didukung oleh Uni Emirat Arab, seperti yang ditulis Abdullah Baabood untuk Malcolm H Kerr Carnegie Middle East Center.

Saat ini mereka menguasai Yaman barat daya namun memiliki ambisi yang lebih besar – termasuk tujuan separatis di Yaman selatan. “Mereka menginginkan seluruh Yaman Selatan yang lama,” kata analis Yaman Nicholas Brumfield kepada Al Jazeera, merujuk pada Yaman Selatan yang bergabung dengan Utara pada tahun 1990.

“Selama beberapa tahun terakhir, setiap kali ada jeda dalam pertempuran dengan Houthi, cerita utama di Yaman adalah pertempuran STC dengan pemerintah Yaman atau al-Islah [sebuah kelompok Islam yang mendominasi pemerintah Yaman hingga tahun 2019] untuk mencoba dan merebut Yaman bagian timur.”

Namun STC berusaha meredam tujuan separatisnya dalam upaya melawan Houthi dan mempertahankan dukungan regional.

3. Brigade Raksasa

5 Musuh Houthi di Dalam Negeri Yaman

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)