4 Kelompok Pejuang yang Paling Diwaspadai Israel dan Sekutunya

Jum'at, 19 Januari 2024 - 16:01 WIB
loading...
4 Kelompok Pejuang yang Paling Diwaspadai Israel dan Sekutunya
Anggota Jihad Islam menggelar parade di wilayah Palestina. Foto/AP
A A A
GAZA - Terdapat empat kelompok pejuang yang paling diwaspadai Israel dan sekutunya. Salah satunya tengah beraksi di Laut Merah.

Sejak deklarasi kemerdekaan pada 1948, rezim kolonial Israel memiliki banyak musuh yang sebagian besar berasal dari kalangan negara-negara Arab. Beberapa kali, mereka bahkan sempat berperang.

Namun, kebencian negara-negara Arab terhadap Israel mulai melunak seiring waktu. Hal ini ditandai dengan beberapa dari mereka yang mulai menjalin atau mengadakan pemulihan hubungan.

Kendati begitu, bukan berarti Israel sudah tidak punya musuh. Saat ini, mereka dijadikan musuh utama oleh berbagai kelompok pejuang yang berbasis di Timur Tengah.

Dari sekian nama, ada beberapa di antaranya yang sangat diwaspadai Israel dan para pendukungnya.

Kelompok Pejuang yang Paling Diwaspadai Israel dan Sekutunya

1. Hamas


Hamas adalah musuh utama Israel di Palestina. Berdiri sebagai organisasi politik dan militer di Jalur Gaza, kelompok ini juga mendeklarasikan diri sebagai pejuang dan pembela Palestina dalam melawan pendudukan Israel.

Mengutip American Jewish Committee, Hamas muncul sebagai cabang dari Ikhwanul Muslimin di Gaza. Salah satu tujuan mereka adalah ‘Pembebasan Palestina’.

Pada aksi-aksinya, Hamas mengadopsi perlawanan bersenjata dalam jalan perjuangannya. Mereka bahkan telah dikategorikan sebagai kelompok teroris oleh Israel dan para sekutunya.

2. Hizbullah


Hizbullah memiliki kesamaan dengan Hamas. Kelompok pejuang yang berbasis di Lebanon ini menjadikan Israel sebagai musuh utamanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)