Profil Frederik X, Raja Baru Denmark yang Aktif di Militer dan Pernah Ikut Olimpiade Internasional

Rabu, 17 Januari 2024 - 14:30 WIB
loading...
A A A
Riwayat kariernya di kerajaan dimulai ketika Frederik mengikuti dinas militer di Resimen Penjaga Kehidupan Ratu tentara Denmark pada tahun 1986.

Dua tahun kemudian ia menjadi komandan peleton di Resimen Pengawal Hussar Kerajaan Denmark.

Pada tahun 1995, dia adalah salah satu dari empat rekrutan yang memenuhi persyaratan untuk menyelesaikan pelatihan Korps Manusia Katak Angkatan Laut Kerajaan Denmark.

Dari proses pelatihan ini dia sempat mendapat julukan Pingo atau Pinguin.

Setelah bertugas di Angkatan Laut, Frederik melanjutkan pendidikan di sekolah penerbangan, hingga memenuhi syarat sebagai pilot Angkatan Udara, dan pada tahun 2000 memasuki pasukan angkatan udara.

Selama bertahun-tahun ia telah menerima serangkaian promosi di masing-masing dari tiga cabang militer tempatnya bertugas.

Hingga pada 1 Januari 2024, ia telah mencapai pangkat mayor jenderal di Angkatan Darat dan Udara, serta pangkat laksamana muda di Angkatan Laut.

Frederik juga mengabdi pada negaranya sebagai diplomat. Dari tahun 1998 hingga 1999 ia sempat menjabat sebagai sekretaris pertama kedutaan besar Denmark di Paris.

Selain aktif di militer dan pemerintahan, Frederik juga sempat mengikuti beberapa kegiatan olahraga seperti, lari marathon di Copenhagen, Paris, dan New York.

Dia juga ikut serta dalam ekspedisi kereta luncur anjing selama empat bulan dengan rute tempuh sepanjang 2.795 kilometer (1.737 mil) melintasi Greenland utara pada ajang Olimpiade Internasional tahun 2000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)