6 Alasan Houthi Ingin Berperang Melawan Amerika Serikat

Sabtu, 13 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Letnan Jenderal Douglas Sims, direktur Staf Gabungan AS, mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa serangan tersebut menghantam 28 lokasi dengan lebih dari 150 amunisi. Meninjau kerusakan yang terjadi, dia berharap Houthi tidak mengundang kehancuran seperti itu.

“Dugaan saya, jika Anda mengoperasikan peluncur rudal balistik tadi malam, Anda pasti tidak menginginkan serangan itu. Tapi, tidak, saya berharap mereka tidak ingin kita menyerang,” kata Sims.

4. Memiliki Peralatan Militer yang Canggih

6 Alasan Houthi Ingin Berperang Melawan Amerika Serikat

Foto/Reuters

Abdul Malik al-Houthi, pemimpin pejuang Houthi Yaman yang misterius, menelusuri garis keturunannya hingga Nabi Muhammad. Dalam pidato dan khotbah yang direkam sebelumnya, ia menegaskan bahwa gerakannya dikepung karena agamanya.

Al-Houthi membangun reputasi sebagai komandan medan perang yang sengit sebelum muncul sebagai pemimpin gerakan Houthi, pejuang gunung yang telah memerangi koalisi militer pimpinan Saudi sejak tahun 2015 dalam konflik yang telah menewaskan puluhan ribu orang, menghancurkan perekonomian Yaman dan menyebabkan jutaan orang meninggal. lapar.

Di bawah arahan al-Houthi, yang berusia 40-an, kelompok tersebut telah memperoleh puluhan ribu pesawat tempur dan sejumlah besar drone bersenjata serta rudal balistik, yang sebagian besar dipasok oleh Iran.

5. Memanfaatkan Momentum sebagai Korban Serangan AS

6 Alasan Houthi Ingin Berperang Melawan Amerika Serikat

Foto/Reuters

Setelah serangan tersebut, Sims dan pejabat AS lainnya mengakui bahwa Houthi mungkin akan memanfaatkan ancaman mereka untuk membalas.

Pada hari Jumat, Houthi menembakkan rudal balistik anti-kapal ke Laut Merah, kata Pentagon.

Seorang pejabat AS, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya, mengatakan bahwa kelompok Houthi mungkin melihat kemungkinan rendahnya jumlah korban tewas di antara para pejuang mereka dalam serangan tersebut sebagai keberhasilan bagi kelompok tersebut, bahkan jika kemampuan mereka telah terdegradasi.

“Definisi kesuksesan seseorang sangat bergantung pada sudut pandangnya,” kata pejabat itu.

Dengan meningkatnya ketegangan, harga minyak mentah Brent naik 1% pada hari Jumat di tengah kekhawatiran bahwa pasokan dapat terganggu. Data pelacakan kapal komersial menunjukkan setidaknya sembilan kapal tanker minyak berhenti atau mengalihkan perhatian dari Laut Merah.

6. Melibatkan Iran dalam Perang Lebih Besar

6 Alasan Houthi Ingin Berperang Melawan Amerika Serikat

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)