6 Alasan Houthi Ingin Berperang Melawan Amerika Serikat

Sabtu, 13 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Michael Mulroy, mantan wakil asisten menteri pertahanan untuk Timur Tengah di bawah pemerintahan Trump, mengatakan Pentagon harus mempersiapkan aksi militer tambahan.

“AS harus mulai merencanakan untuk meningkatkan respons kami terhadap serangan lebih lanjut di Laut Merah atau Suriah dan Irak,” katanya.

“Dan IRGC Iran harus dimasukkan dalam target tersebut,” tambahnya, menggunakan akronim dari Korps Garda Revolusi Iran.

Iran memperjuangkan Houthi sebagai bagian dari “poros perlawanan” regionalnya – kumpulan kelompok yang didukung Iran yang mencakup kelompok militan Palestina Hamas dan milisi di Irak dan Suriah.

Amerika Serikat menuduh Iran memfasilitasi serangan Houthi di Laut Merah, memberikan kemampuan militer dan intelijen untuk melaksanakannya.

Kelompok Houthi menyangkal menjadi boneka Teheran dan mengatakan mereka memerangi sistem yang korup dan agresi regional.

Meski begitu, Feierstein memperingatkan hal pembangkangan Houthi terhadap Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya membantu memperkuat citra mereka di Timur Tengah, sebuah kekhawatiran yang juga dirasakan oleh beberapa pejabat AS saat ini.

“Secara regional, hal ini meningkatkan profil Houthi. Hal ini menempatkan mereka di peringkat pertama afiliasi Iran di ‘Poros Perlawanan’,” kata Feierstein.

“Kita seharusnya tidak memberikan apa yang diinginkan Houthi, dan itulah yang sebenarnya kita lakukan.”

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0913 seconds (0.1#10.140)