Pentagon Ungkap Menhan AS Jalani Operasi Kanker Prostat

Rabu, 10 Januari 2024 - 09:17 WIB
loading...
Pentagon Ungkap Menhan AS Jalani Operasi Kanker Prostat
Menhan AS Llyod Austin merahasiakan saat dia dirawat di rumah sakit. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin menderita komplikasi setelah menjalani operasi untuk mengobati diagnosis kanker prostat pada bulan Desember.

Infeksi tersebut menyebabkan Austin dirawat di rumah sakit pada tanggal 1 Januari dan kemudian ke unit perawatan intensif.

"Presiden Joe Biden baru mengetahui tentang diagnosis kanker prostat pada hari Selasa (9/1/2024)," demikian pernyataan Gedung Putih, dilansir BBC.

Austin, 70, mendapat kritik setelah diketahui bahwa pejabat senior tidak mengetahui kunjungannya ke rumah sakit selama tiga hari.

Dia kemudian meminta maaf karena tidak "memastikan masyarakat mendapat informasi yang tepat".

Menteri Pertahanan berada tepat di bawah presiden dalam rantai komando militer AS, dan merupakan salah satu anggota terpenting dalam Kabinet presiden. Kelambatan dalam memberi tahu Gedung Putih menimbulkan potensi kekhawatiran keamanan nasional dan masalah transparansi dalam pemerintahan Biden.



Pentagon mengonfirmasi bahwa Austin masih dirawat di rumah sakit pada hari Selasa. Seorang juru bicara tidak memberikan informasi terkini kapan dia akan diberhentikan.

"Sekretaris Austin terus pulih dengan baik dan tetap dalam semangat yang baik. Dia berhubungan dengan staf seniornya dan memiliki akses penuh terhadap kemampuan komunikasi aman yang diperlukan dan terus memantau operasi Departemen Pertahanan sehari-hari di seluruh dunia," kata juru bicara itu kepada wartawan.

Pada konferensi pers pada Selasa, Gedung Putih menghadapi pertanyaan berulang kali dari jurnalis tentang penanganan rawat inap Menteri Austin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)