Pentagon Ungkap Menhan AS Jalani Operasi Kanker Prostat

Rabu, 10 Januari 2024 - 09:17 WIB
loading...
A A A
Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan Presiden Biden diberitahu "hari ini" tentang diagnosis kanker prostat.

"Tak seorang pun di Gedung Putih mengetahui bahwa Menteri Austin menderita kanker prostat hingga pagi ini," katanya.

Meskipun ia menekankan reaksi awal presiden adalah kekhawatiran terhadap kesehatan menteri, Kirby mengakui bahwa komunikasi yang dilakukan "tidak optimal".

“Ini bukan cara yang seharusnya,” kata Kirby.

Biden dan Menteri Luar Negeri Austin belum berbicara sejak interaksi terakhir mereka selama akhir pekan.

Austin menimbulkan kontroversi ketika dia dilaporkan gagal memberi tahu Gedung Putih dan pejabat tinggi Pentagon tentang rawat inap di rumah sakit pada bulan Januari ini. Wakil Austin, Kathleen Hicks, tidak diberitahu mengenai rawat inapnya di rumah sakit meskipun diminta untuk memikul sebagian tanggung jawabnya.

Pada pengarahan hari Selasa, Sekretaris Pers Pentagon Mayjen Angkatan Udara Pat Ryder tidak memberikan penjelasan mengapa Austin tidak mengungkapkan kondisinya lebih awal.

“Saya tidak tahu secara spesifik,” katanya, namun mencatat bahwa diagnosis kanker prostat bersifat “sangat pribadi”. Mr Ryder mengatakan prosedur pemberitahuan tentang rawat inap di rumah sakit sedang ditinjau untuk "memastikan keadaan kami lebih baik di lain waktu".

Pentagon mengatakan kegagalan ini terjadi karena salah satu staf utamanya terkena flu.

Pada hari Selasa, kepala staf Gedung Putih Jeff Zients mengarahkan anggota Kabinet presiden untuk memberikan pemberitahuan ketika mereka tidak dapat menjalankan tugasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0863 seconds (0.1#10.140)