Bagaimana Cara Israel Membunuh Para Petinggi Hamas?

Sabtu, 06 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Saat Mabhouh memasuki ruangan, anggota tim menerkam, menundukkannya dan menyuntiknya dengan racun, yang menyebar dengan cepat ke seluruh tubuhnya, membunuhnya tanpa meninggalkan bekas. Mabhouh tampaknya meninggal karena sebab alamiah.

Sementara itu, laporan lain menunjukkan, Al-Mabhouh dibius, kemudian disetrum dan dicekik. Kepala polisi Dubai mengatakan bahwa dia "99% yakin" bahwa pembunuhan itu adalah ulah Mossad Israel. Pada tanggal 1 Maret 2010, dia menyatakan bahwa dia "yakin" bahwa semua tersangka bersembunyi di Israel.

4. Bom Ponsel

Bagaimana Cara Israel Membunuh Para Petinggi Hamas?

Foto/Wikipedia

Pada bulan Oktober 1995, agen Shin Bet mendekati Kamil Hamad, yang meminta uang dan kartu identitas Israel untuk dirinya dan istrinya. Setelah agen Shin Bet mengancam akan memberitahu Hamas tentang pengkhianatannya, Hamad setuju untuk bekerja sama. Agen Shin Bet memberi Hamad sebuah ponsel, dan mengatakan kepadanya bahwa ponsel itu disadap sehingga mereka dapat mendengarkan percakapan Yahya Ayyash.

Agen Israel tidak memberi tahu Hamad bahwa, selain alat penyadap, di dalamnya juga terdapat 15 gram bahan peledak RDX. Kamil Hamad memberikan telepon tersebut kepada keponakannya Osama, mengetahui bahwa Ayyash sering menggunakan telepon Osama.

Pada pukul 08:00 tanggal 5 Januari 1996, ayah Ayyash meneleponnya. Ayyash mengambilnya dan berbicara dengan ayahnya. Di atas, sebuah pesawat Israel menangkap percakapan mereka dan meneruskannya ke pos komando Israel. Ketika dipastikan bahwa itu adalah Ayyash yang menelepon, Shin Bet meledakkannya dari jarak jauh, membunuh Ayyash seketika. Dia dibunuh di Beit Lahia.

Yahya Abd-al-Latif Ayyash adalah kepala pembuat bom Hamas dan pemimpin batalion Tepi Barat dari Brigade Izz ad-Din al-Qassam.

5. Misil

Bagaimana Cara Israel Membunuh Para Petinggi Hamas?

Foto/Reuters

Sheikh Ahmed Ismail Hassan Yassin merupakan pendiri Hamas terbunuh dalam serangan Israel pada tanggal 22 Maret 2004. Saat dia sedang keluar dari sholat subuh di Kota Gaza, sebuah helikopter tempur Apache AH-64 Israel menembakkan rudal Hellfire ke arah Yassin dan kedua pengawalnya.

Sebelum serangan itu, jet F-16 Israel terbang di atasnya untuk mengaburkan suara helikopter yang mendekat. Yassin selalu menggunakan arah yang sama setiap pagi untuk pergi ke masjid yang sama di distrik Sabra yang berjarak 100 m dari rumahnya.

Yassin dan pengawalnya tewas seketika, bersama sembilan orang yang melihatnya. 12 orang lainnya terluka dalam operasi tersebut, termasuk dua putra Yassin. Abdel Aziz al-Rantissi, wakil Yassin, menjadi pemimpin Hamas setelah pembunuhannya, namun juga terbunuh tak lama kemudian.

6. Drone

Bagaimana Cara Israel Membunuh Para Petinggi Hamas?

Foto/Reuters

Yang mengejutkan hanyalah waktu terjadinya serangan pesawat tak berawak pada Selasa (2/1/2024) terhadap pemimpin Hamas di Beirut. Saleh al-Aruri telah masuk dalam daftar sasaran Israel selama bertahun-tahun, sebagai anggota lingkaran dalam Hamas dan komandan aktivitasnya di Tepi Barat yang diduduki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0868 seconds (0.1#10.140)