Bagaimana Cara Israel Membunuh Para Petinggi Hamas?

Sabtu, 06 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
Bagaimana Cara Israel Membunuh Para Petinggi Hamas?
Israel melakukan berbagai cara untuk membunuh para pemimpin Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Agen intelijen Israel baik Mossad dan Shin Bet menggunakan berbagai cara untuk membunuh para pemimpin Hamas. Ada yang gagal, ada juga yang sukses. Itu dilakukan dalam rangka untuk melemahkan Hamas.

Pembunuhan para pemimpin Hamas ada yang dilakukan secara terang-terangan dengan misil atau pun drone. Tapi, ada juga yang dilakukan dengan operasi intelijen yang rapi dan tertata dengan baik.

Bagaimana Cara Israel Membunuh Para Petinggi Hamas? Berikut 6 Strategi Pembunuhan Para Pemimpin Hamas yang dilakukan Israel.

1. Ditembak

Bagaimana Cara Israel Membunuh Para Petinggi Hamas?

Foto/Reuters

Pembunuhan ilmuwan Palestina berusia 35 tahun, Fadi al-Batsh di ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, pada April 2018. Itu mengungkap program rahasia pembunuhan yang ditargetkan terhadap warga Palestina yang dianggap sebagai ancaman oleh Israel.

Al-Batsh belajar teknik elektro di Gaza sebelum melanjutkan untuk mendapatkan gelar PhD dalam bidang yang sama di Malaysia. Ia berspesialisasi dalam sistem tenaga dan penghematan energi dan telah menerbitkan sejumlah makalah ilmiah mengenai subjek tersebut.

Menyebutnya sebagai anggota “setia”, Hamas mengatakan al-Batsh adalah “ilmuwan dari cendekiawan muda Palestina” yang memberikan “kontribusi penting” dan berpartisipasi dalam forum internasional di bidang energi.

Berbicara kepada Al Jazeera, ayah al-Batsh mengatakan dia mencurigai Mossad berada di balik pembunuhan putranya dan meminta pihak berwenang Malaysia untuk mengungkap rencana “pembunuhan” tersebut sesegera mungkin.

Menurut jurnalis investigasi Israel Ronen Bergman, yang merupakan salah satu pakar intelijen Israel terkemuka dan penulis buku Rise and Kill First, pembunuhan al-Batsh memiliki ciri-ciri operasi Mossad.

“Fakta bahwa para pembunuh menggunakan sepeda motor untuk membunuh sasaran mereka, yang telah digunakan dalam banyak operasi Mossad lainnya sebelumnya dan dilakukan sebagai operasi pembunuhan yang bersih dan profesional jauh dari Israel, menunjukkan keterlibatan Mossad,” kata Bergman kepada A Jazeera.


2. Racun

Bagaimana Cara Israel Membunuh Para Petinggi Hamas?

Foto/Reuters

Ketika Mossad berusaha membunuh pemimpin Hamas Khaled Meshaal di Amman pada tahun 1997 dengan menyemprotkan dosis racun yang mematikan ke telinganya. Serangan yang gagal itu terjadi pada tanggal 25 September 1997, dua bulan setelah bom bunuh diri Hamas di Pasar Mahane Yehuda di Yerusalem yang menewaskan 16 orang dan melukai lebih dari 160 orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)