Apakah Meluasnya Dampak Genosida Israel di Gaza Sampai ke Indonesia?

Kamis, 04 Januari 2024 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Gangguan pada jalur perdagangan dan penurunan investasi dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Apalagi saat ini Houthi Yaman melakukan blokade laut terhadap kapal-kapal terkait Israel di Laut Merah. Houthi mengancam akan terus mencegat kapal-kapal Israel jika Zionis tidak menghentikan genosida di Gaza.

Peran Diplomatik Indonesia: Mediasi dan Pengaruh Internasional


Indonesia, dengan tradisi diplomasi damai dan kebijakan luar negeri bebas aktif, dapat memainkan peran penting dalam memediasi konflik ini.

Sebagai negara anggota PBB dan Organisasi Kerjasama Islam (OIC atau OKI), Indonesia memiliki platform untuk menyuarakan keprihatinan dan berkontribusi pada upaya perdamaian di tingkat internasional.

Upaya diplomasi Indonesia telah dilakukan dengan sangat aktif untuk memfasilitasi dialog antara pihak-pihak yang terlibat, mendukung resolusi PBB yang mengecam Israel, dan menyuarakan aspirasi damai melalui forum internasional.

Meskipun Indonesia secara geografis berjarak jauh dari konflik Israel-Palestina, dampaknya dapat merambah ke negara ini secara politis, ekonomis, dan sosial.

Pemerintah Indonesia perlu menjaga keseimbangan antara mengekspresikan solidaritas dengan rakyat Palestina dan memelihara stabilitas.

Sebagai pemain kunci di dunia Muslim dan aktor regional, Indonesia memiliki tanggung jawab berkontribusi pada upaya perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)