Apakah Meluasnya Dampak Genosida Israel di Gaza Sampai ke Indonesia?

Kamis, 04 Januari 2024 - 14:01 WIB
loading...
Apakah Meluasnya Dampak Genosida Israel di Gaza Sampai ke Indonesia?
Warga Indonesia mengikuti aksi bela Palestina di kompleks Monumen Nasional (Monas) di Jakarta pada 5 November 2023. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Konflik antara Israel dan Palestina selalu menjadi perhatian dunia, termasuk Indonesia, negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia.

Meskipun secara geografis terpisah jauh, serangan Israel ke Palestina tetap memiliki potensi dampak terhadap Indonesia, baik secara politis, ekonomis, maupun sosial.

Apalagi saat ini Israel telah membunuh 22.313 warga Palestina, dan melukai 57.296 orang lainnya di Gaza mulai tanggal 7 Oktober 2023.

Saat ini dampak genosida yang dilakukan Israel di Gaza telah meluas ke berbagai negara di wilayah Timur Tengah seperti Lebanon, Yaman, Suriah, Iran. Amerika Serikat dan negara-negara Barat pun turut terseret dengan mengirim pasukannya di wilayah Timur Tengah.

Solidaritas Umat Islam Indonesia


Serangan Israel terhadap Palestina secara konsisten menciptakan reaksi emosional di kalangan umat Islam di Indonesia.

Solidaritas dengan saudara seagama di Palestina menciptakan tekanan politik sehingga pemerintah Indonesia mengambil sikap tegas dan bersuara keras di tingkat internasional.

Pemerintah Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, dihadapkan pada tuntutan menyuarakan keprihatinan dan memperjuangkan hak-hak rakyat Palestina.

Ini sangat memengaruhi kebijakan luar negeri Indonesia dan hubungan diplomatiknya dengan negara-negara yang terlibat dalam konflik tersebut.

Dampak Ekonomi: Harga Minyak dan Perdagangan Internasional


Serangan Israel-Palestina dapat berdampak pada stabilitas ekonomi Indonesia. Harga minyak yang cenderung naik akibat ketidakpastian di Timur Tengah dapat memberikan tekanan pada anggaran negara, mengingat Indonesia masih bergantung pada impor minyak untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Selain itu, sebagai negara yang terlibat dalam perdagangan internasional, Indonesia mungkin merasakan dampak penurunan aktivitas ekonomi global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)