3 Prediksi Arah Perang Ukraina pada Tahun 2024

Minggu, 31 Desember 2023 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Di Washington, perubahan kebijakan sepenuhnya tidak mungkin terjadi.

Meskipun kita tergoda untuk menggambarkan skenario hari kiamat bagi bantuan AS ketika peringkat Trump meningkat dalam jajak pendapat, mantan presiden tersebut, di tengah semua sandiwara tersebut, tidak meninggalkan NATO pada tahun 2016. Dan dia tidak akan mampu merevolusi Amerika yang telah berusia 75 tahun sendirian. -kemitraan transatlantik jangka panjang.

"Hal ini tidak berarti bahwa perpecahan yang terjadi baru-baru ini di kubu Barat tidak ada artinya. Bagi negara-negara Barat, dan juga bagi Ukraina, tahun 2024 akan lebih sulit," jelas Zanchetta, dilansir BBC.

Bagi negara demokrasi, konsensus jangka panjang dalam mendukung perang selalu lebih rumit dibandingkan bagi negara otokrat yang tidak memiliki akuntabilitas.

Meskipun kemungkinan besar perang akan berlarut-larut sepanjang tahun 2024, perang tersebut tidak dapat berlangsung tanpa batas waktu.

"Dengan keragu-raguan negara-negara Barat yang mendukung Rusia, dan tidak adanya kudeta atau masalah terkait kesehatan yang berujung pada lengsernya Putin, satu-satunya hasil yang dapat diperkirakan adalah penyelesaian melalui perundingan yang saat ini terus ditolak oleh kedua belah pihak," papar Zanchetta, dilansir BBC.

2. Setahun konsolidasi ke depan

3 Prediksi Arah Perang Ukraina pada Tahun 2024

Foto/Reuters

Itu diungkapkan Michael Clarke, mantan direktur jenderal Royal United Services Institute.

Invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022 menyaksikan kembalinya perang besar di benua Eropa. Jalannya konflik pada tahun 2023 menandai fakta bahwa peperangan di era industri juga kembali terjadi.

"Peperangan di era industri membuat sebagian besar negara, atau dalam beberapa kasus, seluruh perekonomian, beralih ke produksi bahan-bahan perang sebagai prioritas. Anggaran pertahanan Rusia meningkat tiga kali lipat sejak tahun 2021 dan akan menghabiskan 30% belanja pemerintah tahun depan," jelas Clarke.

Hal ini akan membuat perang di Ukraina menjadi perang yang lebih lama dan lebih traumatis dibandingkan perang apa pun yang pernah terjadi di Eropa sejak pertengahan abad lalu. Tahun mendatang akan menunjukkan apakah Rusia – dan pemasoknya di Korea Utara dan Iran – atau Ukraina – dan pendukungnya di Barat – mampu dan siap memenuhi tuntutan besar perang era industri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)