Siapa Sigrid Kaag? Pilih Mundur dari Jabatan Wakil Menteri untuk Memimpin Pengiriman Bantuan ke Gaza

Rabu, 27 Desember 2023 - 20:50 WIB
loading...
Siapa Sigrid Kaag? Pilih Mundur dari Jabatan Wakil Menteri untuk Memimpin Pengiriman Bantuan ke Gaza
Sigrid Kaag ditunjuk sebagai koordinator bantuan kemanusiaan untuk Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Sigrid Kaag, seorang politisi Belanda dan diplomat veteran PBB, akan memimpin upaya badan internasional tersebut untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke Gaza yang dilanda perang. Sekretaris Jenderal PBB telah menunjuk Kaag untuk mengisi posisi yang dibuat bulan ini dalam sebuah terobosan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Dalam postingannya di X, Kaag mengatakan bahwa dia akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri keuangan dan wakil perdana menteri Belanda untuk mengambil peran sebagai Koordinator Senior Kemanusiaan dan Rekonstruksi PBB untuk Gaza.

“Perdamaian, keamanan, dan keadilan selalu menjadi motivasi saya,” kata Kaag dilansir CNN. “Saya menerima tugas khusus ini dengan harapan dapat berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik.”

Penunjukan tersebut, yang akan mulai berlaku pada tanggal 8 Januari, terjadi ketika kondisi di daerah kantong Palestina yang terkepung mencapai tingkat “mimpi buruk”, seperti yang diungkapkan oleh kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) setelah kunjungannya baru-baru ini. Kekurangan listrik dan obat-obatan telah membuat sebagian besar rumah sakit tidak berfungsi, dan risiko kelaparan membayangi penduduk Gaza, kata organisasi kemanusiaan.

Sejak perang dimulai pada 7 Oktober setelah serangan teror Hamas, Israel mengizinkan sejumlah truk untuk membawa bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui penyeberangan Rafah di Mesir. PBB menggambarkan jumlah ini sebagai jumlah kecil yang gagal memenuhi kebutuhan penduduk yang berjumlah lebih dari 2 juta jiwa.

Berikut 5 Fakta tentang Sigrid Kaag yang Memilih Mundur dari Jabatan Wakil Menteri untuk Memimpin Pengiriman Bantuan ke Gaza.

1. Mempercepat Pergerakan Bantuan ke Gaza

Siapa Sigrid Kaag? Pilih Mundur dari Jabatan Wakil Menteri untuk Memimpin Pengiriman Bantuan ke Gaza

Foto/Reuters

Kaag sekarang akan bertanggung jawab untuk menciptakan mekanisme untuk mempercepat pergerakan bantuan ke Gaza dan untuk “memfasilitasi, mengoordinasikan, memantau, dan memverifikasi” upaya bantuan tersebut, menurut PBB, termasuk proses rumit untuk memastikan truk bantuan disaring sebelum dikirim. memasuki daerah kantong untuk memastikan mereka tidak membawa barang-barang non-kemanusiaan.

Resolusi Dewan Keamanan yang menetapkan posisi tersebut, yang menyerukan pengiriman bantuan kemanusiaan segera, aman dan tanpa hambatan ke seluruh Gaza, disahkan pekan lalu dengan abstainnya AS setelah beberapa hari negosiasi dan penundaan.


2. Diplomat Berpengalaman, Bisa Berbahasa Arab

Siapa Sigrid Kaag? Pilih Mundur dari Jabatan Wakil Menteri untuk Memimpin Pengiriman Bantuan ke Gaza

Foto/Reuters

Dalam pidatonya bulan lalu, Kaag menekankan perlunya “bantuan kemanusiaan yang memadai” untuk mencapai Gaza.

“Hak Israel untuk hidup dan haknya untuk mempertahankan diri sudah jelas bagi kami. Namun di masa-masa sulit ini, tindakan perang harus mematuhi hukum internasional dan hukum perang kemanusiaan untuk menghindari korban sipil yang tidak bersalah dan memungkinkan bantuan kemanusiaan yang memadai dapat diberikan tepat waktu,” katanya, dilansir CNN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)