Siapa Sigrid Kaag? Pilih Mundur dari Jabatan Wakil Menteri untuk Memimpin Pengiriman Bantuan ke Gaza

Rabu, 27 Desember 2023 - 20:50 WIB
loading...
A A A
Kaag sebelumnya bekerja di isu-isu Palestina sebagai pejabat senior di Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat. Dia kemudian menjabat sebagai Asisten Sekretaris Jenderal Program Pembangunan PBB dan, dari tahun 2015 hingga 2017, sebagai Koordinator Khusus PBB untuk Lebanon, menurut biografi yang disediakan oleh PBB.

Menanggapi penunjukan tersebut, seorang pejabat pemerintah Belanda mengatakan kepada CNN bahwa Kaag dipandang “sangat cocok” untuk peran tersebut.

“Dia adalah seorang diplomat yang sangat berpengalaman, mengetahui Timur Tengah dengan baik dan juga berbicara bahasa Arab. Sebelum dia pergi ke Belanda untuk berkarir politik, dia juga merupakan utusan PBB yang bernegosiasi dengan Assad mengenai penyerahan senjata kimia Suriah,” kata pejabat itu.

“Tenggat waktu yang hampir mustahil,” berarti “kita tidak bisa menyia-nyiakan waktu sedetik pun,” kata Kaag kepada pewawancara Harvard pada tahun 2014. “Kami menyampaikan pesan, dalam misi, mencari hasil yang dapat Anda ukur.”

3. Politikus Berpengalaman Belanda

Siapa Sigrid Kaag? Pilih Mundur dari Jabatan Wakil Menteri untuk Memimpin Pengiriman Bantuan ke Gaza

Foto/Reuters

Kaag kemudian memegang berbagai posisi dalam politik elektoral Belanda, memimpin partai sosial liberal D66 meraih kemenangan dalam pemilu tahun 2021, dan menjabat di berbagai posisi kabinet, termasuk sebagai menteri luar negeri dan menteri perdagangan dan kerja sama pembangunan.

Masa jabatannya sebagai menteri luar negeri hanya berlangsung beberapa bulan; dia mengundurkan diri pada September 2021 setelah mayoritas parlemen Belanda mengatakan dia salah menangani evakuasi Kabul pada musim panas itu setelah Taliban menguasai negara itu.

4. Berambisi Meninggalkan Dunia Politik

Dia mengatakan pada bulan Juli bahwa dia berencana untuk meninggalkan politik, menggambarkan lingkungan intimidasi dan ancaman online yang “beracun”.

“Ini menjadi serangkaian penghinaan yang dimaksudkan untuk menjelek-jelekkan Anda, untuk mendekonstruksi Anda,” katanya pada acara Dewan Hubungan Luar Negeri pada bulan September. “Jika hal ini terus berlanjut dan dibiarkan, maka akan mengikis nilai demokrasi kita."

5. Mendapatkan Dukungan Global

Para diplomat global merayakan pengumuman tersebut dalam pernyataannya pada hari Selasa, setelah berbulan-bulan terjadi perpecahan dan kebuntuan di Dewan Keamanan PBB mengenai cara memberikan bantuan kepada warga sipil Gaza.

Menteri Luar Negeri Belanda Hanke Bruins Slot menyebutnya sebagai “orang yang tepat untuk peran yang menantang ini” mengingat “pengetahuannya yang luas” dan “pengalaman (diplomatik) yang sangat luas.”

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan @SigridKaag dalam peran baru ini – dan untuk mendukung upayanya untuk menyederhanakan dan mempercepat upaya penyelamatan nyawa PBB di Gaza. Tidak ada waktu yang terbuang,” tulis Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield di X.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)