Blokade Laut Merah Houthi Bisa Buat Mesin Perang Barat Kelaparan Minyak

Sabtu, 23 Desember 2023 - 07:12 WIB
loading...
A A A
Sejauh ini pemerintahan Biden enggan mengambil tindakan militer langsung terhadap Houthi, yang klaimnya didukung Iran.

Gerakan Yaman mengeluarkan peringatan keras kepada gugus tugas angkatan laut pimpinan AS pada tanggal 20 Desember.

“Pengumuman Amerika tentang pembentukan Koalisi Memalukan tidak akan menghalangi kami untuk melanjutkan operasi militer… Ini adalah posisi moral dan kemanusiaan yang tidak akan kami tinggalkan, tidak peduli seberapa besar pengorbanan yang harus kami lakukan,” tegas juru bicara Ansarallah Mohammed al-Bukhaiti di Twitter pada tanggal 19 Desember.

“Sangat menarik melihat Amerika Serikat menempatkan dirinya dalam bahaya dengan cara ini dan sudah mencoba melancarkan perang, karena, Anda tahu, sangat terang-terangan mereka melakukan ini untuk Israel dan bukan untuk Amerika Serikat,” ungkap Susli.

Dia menjelaskan, “Dan hal ini akan membuka peluang serangan yang lebih besar lagi di Suriah dan Irak. Mereka pada dasarnya tidak berdaya di Timur Tengah saat ini.”

Amerika sudah kewalahan menghadapi perang proksi di Ukraina, pengerahan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya di Timur Tengah, dan dorongan pemerintahan Biden untuk mempersenjatai pulau Taiwan yang bertentangan dengan peringatan Beijing.

Blokade Yaman terhadap Laut Merah serta potensi ancaman konflik Timur Tengah yang tidak terkendali dapat mengakibatkan krisis minyak baru yang belum siap dihadapi oleh AS, menurut Susli.

Cadangan minyak AS berada pada titik terendah dalam 40 tahun meskipun negara tersebut telah meningkatkan produksi minyak selama beberapa bulan terakhir.

Pemerintahan Biden telah berulang kali memasukkan Cadangan Minyak Strategis untuk membantu membatasi melonjaknya harga bahan bakar setelah negara-negara Barat menjatuhkan sanksi energi terhadap Rusia.

SPR saat ini menyimpan sekitar 352 juta barel, kurang dari setengah jumlah tertinggi pada tahun 2010.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)