Hamas Tangguh Secara Finansial, Mampu Perang Panjang Melawan Israel

Senin, 18 Desember 2023 - 16:57 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 2021, emirat yang kaya gas, yang menjadi tuan rumah biro politik Hamas di ibu kotanya dengan restu Amerika Serikat, menjanjikan pendanaan tahunan sebesar USD360 juta untuk wilayah pesisir Palestina.

Doha membantah memberikan bantuan keuangan kepada Hamas.

“Tanpa kecuali, seluruh bantuan Qatar sepenuhnya dikoordinasikan dengan Israel, pemerintah AS, dan PBB,” kata seorang pejabat Qatar kepada AFP.

“Semua barang seperti makanan, obat-obatan dan bahan bakar melewati Israel sebelum memasuki Gaza,” imbuh dia.

Pekan lalu, negosiator dan diplomat utama Qatar disandera, Abdulaziz Al-Khulaifi, mengindikasikan bahwa pendanaan emirat Teluk untuk Gaza akan terus berlanjut.

Pada bulan Oktober, Washington menjatuhkan sanksi terhadap 10 “anggota utama Hamas”, dan Barat sedang mempertimbangkan tindakan pemaksaan. Namun memusnahkan Hamas sepenuhnya sepertinya tidak mungkin dilakukan.

“Prospek kehancuran total keuangan Hamas dalam jangka panjang tidaklah realistis,” kata Davis.

“Anda bisa mengganggunya, Anda bisa mengeluarkan pemain-pemain kunci, Anda bisa meminimalkan sumber dana, tapi jaringan, infrastruktur akan selalu ada dan jika grup tersebut masih memiliki pendukung, mereka bisa memiliki pengaruh untuk membantu mereka,” paparnya.

Gal menjelaskan keuangan Hamas di masa depan akan dikaitkan dengan bagaimana masa depan Gaza, sebuah wilayah kecil yang terletak di antara Mesir, Israel, dan Mediterania, akan diselesaikan.

“Ketika perang berhenti dan kehidupan normal kembali berjalan, pertanyaannya adalah: apakah seluruh sistem pembiayaan ini akan dilanjutkan atau diubah?” tanya dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)