Hamas Tangguh Secara Finansial, Mampu Perang Panjang Melawan Israel

Senin, 18 Desember 2023 - 16:57 WIB
loading...
Hamas Tangguh Secara Finansial, Mampu Perang Panjang Melawan Israel
Hamas sudah tanggung secara finansial sehingga mampu untuk perang panjang melawan Israel. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Hamas telah menjadi fokus serangan Israel yang tiada henti di Gaza, Palestina. Namun, kelompok itu tangguh secara finansial dan dinilai mampu untuk perang berkepanjangan melawan militer Zionis.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah bersumpah untuk memusnahkan gerakan perlawanan Palestina tersebut, yang berada di di balik serangan 7 Oktober—yang paling mematikan dalam sejarah negara Israel.

Serangan Hamas pada tanggal tersebut telah menewaskan sekitar 1.200 orang di Israel dan 240 lainnya disandera.

Sedangkan invasi balasan brutal Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 18.800 orang—sebagian besar perempuan dan anak-anak.



Namun ketika Israel mengejar tujuan militernya, melemahkan aliran pendapatan Hamas juga akan menjadi tugas yang berat.

“Hamas solid secara finansial,” kata Jessica Davis, presiden kelompok Insight Threat Intelligence asal Kanada, kepada AFP, Senin (18/12/2023).

“Dalam dekade terakhir, atau bahkan lebih lama lagi, mereka telah menciptakan jaringan keuangan yang tangguh,” katanya, menjelaskan bahwa kelompok tersebut telah membangun investasi dan sumber pendapatan di banyak negara tanpa mengalami gangguan.

"Sumber-sumber ini mencakup usaha kecil dan real estate di negara-negara seperti Turki, Sudan dan Aljazair," imbuh Davis.

Hamas juga bergantung pada jaringan donasi informal.

"Mereka sangat baik dalam mengembangkan dan mengoperasikan sistem penukaran uang yang sangat kompleks," kata Yitzhak Gal, pakar ekonomi Palestina dari Israel, menjelaskan pertukaran yang dilakukan melalui Turki, Uni Emirat Arab, Eropa, dan Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)