Mengapa Penghentian Operasi Pelayaran di Laut Merah Mengganggu Perdagangan Global?

Sabtu, 16 Desember 2023 - 16:50 WIB
loading...
A A A
Dilaporkan tidak ada korban jiwa akibat penyerangan terhadap kapal perusahaan yang keduanya melanjutkan perjalanan.

“Transit lalu lintas komersial di Laut Merah sekarang lebih berbahaya dibandingkan sebelumnya karena serangan Houthi terhadap pelayaran komersial,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby.

Penangguhan ini – yang masih belum jelas apakah perusahaan pelayaran lain akan mengikuti jejaknya – akan menambah ketegangan dan ketegangan di wilayah tersebut.

Bab Al Mandeb membentang 32 km dari ujung selatan Laut Merah hingga ujung barat Teluk Aden, dan merupakan jalur penting, terutama bagi kapal tanker minyak, antara Teluk Arab, Asia, Eropa dan Amerika Utara, melalui Suez. Kanal.

Lebih dari 17.000 kapal melewati selat ini setiap tahun – yang berarti setiap gangguan di sana akan berdampak signifikan terhadap perdagangan global, menurut Coalition Task Force Sentinel, cabang operasional International Maritime Security Construct yang berbasis di Bahrain.

Terusan Suez juga menyumbang 30 persen dari seluruh lalu lintas kapal, yang berarti gangguan apa pun di jalur perairan ini akan menimbulkan efek domino yang bisa menimbulkan konsekuensi yang mengerikan.

Sebagian besar ekspor minyak bumi dan gas alam dari Teluk Arab ke Eropa dan Amerika Utara melewati titik-titik penghubung seperti Terusan Suez atau pipa Sumed, serta Bab Al Mandeb dan Selat Hormuz.

Total pengiriman minyak melalui rute-rute ini menyumbang sekitar 12 persen dari total minyak yang diperdagangkan melalui laut pada paruh pertama tahun 2023, dan pengiriman gas alam cair mencakup 8 persen perdagangan LNG global, menurut data dari Administrasi Informasi Energi AS.

Sedangkan Terusan Suez dan Pipa Sumed terletak di Mesir dan menghubungkan Laut Merah dengan Laut Mediterania. Sumed mengangkut minyak mentah ke utara melalui Mesir dan memiliki kapasitas 2,5 juta barel per hari, kata EIA.

Meskipun tren aliran minyak melalui Bab Al Mandeb mirip dengan Terusan Suez, lebih banyak minyak yang keluar dari Laut Merah dibandingkan yang masuk melalui titik-titik sempit tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)