Sosok Fumio Kishida, Perdana Menteri Jepang yang Kabinetnya Diterpa Skandal

Jum'at, 15 Desember 2023 - 14:36 WIB
loading...
Sosok Fumio Kishida, Perdana Menteri Jepang yang Kabinetnya Diterpa Skandal
Fumio Kishida, Perdana Menteri Jepang yang kabinetnya diterpa skandal. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida menjadi sorotan publik setelah kabinetnya diguncang skandal penggalangan dana.

Menurut laporan Reuters, Fumio Kishida telah mengumumkan perubahan pada jajaran kabinetnya guna membendung dampak dari skandal yang muncul di pemerintahannya. Langkah ini juga diharapkan bisa menjadi jalan awal untuk memulihkan kepercayaan publik terhadap kabinetnya.

Sosok Fumio Kishida


Fumio Kishida telah menjabat PM Jepang sejak Oktober 2021 lalu.

Mengutip laman The Government of Japan, Jumat (15/12/2023), Kishida lahir di Tokyo pada 29 Juli 1957. Artinya, dia sudah memasuki usia 66 tahun.



Fumio Kishida merupakan putra dari Fumitake Kishida, seorang pejabat pemerintah di Kementerian Perdagangan dan Industri Internasional. Sementara kakeknya adalah Masaki Kishida, pemilik departemen store yang juga menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Pada 1963, Kishida pindah ke New York, Amerika Serikat, karena ayahnya pindah tugas. Setelah menghabiskan beberapa waktu di Amerika Serikat, dia pulang ke Jepang pada 1973.

Menamatkan SMA Kaisei, Kishida masuk Fakultas Hukum Universitas Waseda pada 1978. Lulus kuliah, dia sempat bekerja di perbankan pada 1982.

Setelah mengarungi dunia perbankan selama beberapa waktu, Kishida mengikuti jejak keluarganya ke politik. Pada 1993, dia mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat untuk distrik Hiroshima.

Menariknya, pencalonan pertamanya itu berhasil dimenangkan. Seiring waktu, kariernya politiknya menanjak cemerlang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)