Miliki Kekuatan Roket Signifikan, PLARF China Belum Teruji di Medan Perang

Selasa, 12 Desember 2023 - 10:04 WIB
loading...
A A A


Sesuai perkiraan Amerika Serikat (AS), PLARF memiliki sekitar 3.150 rudal dengan beragam jenis. Bagian konvensional PLARF dapat memiliki sekitar 2.500 rudal balistik dan jelajah.

China dinilai memiliki rudal anti-kapal yang memadai untuk menyerang setiap kapal kombatan permukaan AS di Laut China Selatan setelah mengatasi pertahanan rudal setiap kapal. Persenjataan nuklir China lebih kecil dibandingkan AS atau Rusia. Namun, berdasarkan laporan terbaru, Beijing memiliki lebih dari 500 hulu ledak nuklir dan jumlahnya diperkirakan menjadi sekitar 1.000 pada 2030.

Kekuatan Nuklir China


Persenjataan nuklir China terus ditingkatkan, dimodernisasi, dan diperluas. Ciri penting dari perluasan dan modernisasi PLARF adalah bahwa China telah meningkatkan akurasi misilnya dengan CEP yang jauh lebih kecil.

Serangan presisi jarak jauh PLARF dapat mengganggu operasi ISR, EW, AD, komando dan kendali, serta logistik musuh-musuhnya, selain kemampuan mengenai sasaran dengan baik. PLARF diperkirakan memiliki ISR dan AD yang terintegrasi dan dilengkapi untuk melakukan pertempuran "terinformasi”, sesuai dengan doktrin PLA.

Selain memberikan pencegahan strategis, PLARF mungkin telah dilengkapi kemampuan dan kapasitas memadai untuk menekan pertahanan udara musuh dan menghalangi wilayah darat, udara, atau laut China. PLARF memungkinkan China untuk melakukan pertempuran ke wilayah musuh.

"Area fokus utama PLARF adalah Taiwan dan Laut China Selatan. Namun PLARF juga mempertahankan kemampuan bertempur di Semenanjung Korea, India, Rusia, dan AS. Dalam hal ini, China berfokus pada rudal balistik anti-kapal," kata Shankar.

DF-21 dan DF-26 diproyeksikan sebagai “pembunuh kapal induk” terutama untuk melawan kelompok tempur kapal induk AS. China juga bermaksud menggunakan PLARF untuk menolak akses AS ke wilayah tersebut melalui darat, udara, dan laut serta menghambat kemampuannya dalam membantu sekutu regional.

PLARF saat ini memiliki setidaknya 40 brigade rudal tempur. Ini diorganisasikan ke dalam enam "pangkalan”, masing-masing terdiri dari empat hingga delapan brigade. Pangkalan rudal diberi nomor 61 hingga 66.

Setiap pangkalan sesuai dengan wilayah geografis di China. Setiap brigade terdiri dari beberapa batalyon atau kompi independen yang dipersenjatai jenis rudal tertentu. Unit-unit ini dapat dipersenjatai secara konvensional atau dilengkapi senjata nuklir.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)