Miliki Kekuatan Roket Signifikan, PLARF China Belum Teruji di Medan Perang

Selasa, 12 Desember 2023 - 10:04 WIB
loading...
Miliki Kekuatan Roket Signifikan, PLARF China Belum Teruji di Medan Perang
PLARF China memiliki kekuatan roket signifikan, namun belum teruji di medan perang. Foto/CGTN
A A A
BEIJING - China menaruh perhatian besar pada Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat (PLARF). Kekuatan PLARF setara dengan Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara China.

PLARF dibentuk China untuk meningkatkan kemampuan pencegahan dan serangan balik nuklirnya yang kredibel dan andal, memperkuat kekuatan serangan presisi jarak menengah dan jarak jauh, serta meningkatkan kemampuan penyeimbangan strategis.

Selain itu, PLARF juga bertujuan memperkuat kemampuan China untuk berperang dan memenangkan perang, melawan musuh yang kuat, menghadapi intervensi pihak ketiga, dan memproyeksikan kekuatan secara global.

Hal ini merupakan ancaman besar bagi negara-negara tetangga China, terutama India. PLARF juga berpotensi memengaruhi konflik militer lokal, regional, dan global. PLARF adalah kekuatan roket sekaligus rudal yang kuat dan modern.



Mengutip dari EurAsian Times pada Selasa (12/12/2023), Letnan Jenderal (Purnawirawan) PR Shankar dari India mengatakan bahwa PLARF merupakan kekuatan rudal berbasis darat paling signifikan di Bumi saat ini. Kekuatan baru tersebut bertanggung jawab untuk mengatur, mengawaki, melatih, dan melengkapi kekuatan nuklir dan rudal konvensional berbasis darat China serta elemen dan pangkalan pendukungnya.

PLARF memiliki beragam rudal balistik konvensional yang diluncurkan dari darat dengan jarak pendek, menengah, dan jauh. Mereka juga memiliki rudal jelajah yang diluncurkan dari darat dalam inventarisnya. Selain itu, China juga memiliki rudal nuklir berbasis mobile dan silo.

Beberapa sistem rudalnya, seperti DF-26, memiliki tujuan ganda dan dirancang untuk membawa hulu ledak konvensional dan nuklir dengan kemampuan presisi terhadap sasaran darat dan kapal. Semua sistem ini berada di atas sistem rudal berbasis udara dan laut yang dimiliki oleh PLAF dan PLAN (Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat).

PLARF secara bersamaan mengembangkan dan menguji varian rudal terbarunya serta mengembangkan kemampuan dan metode untuk melawan sistem pertahanan rudal balistik musuh. PLARF juga meningkatkan ketahanan sistem penyimpanan dan pengirimannya.

Shankar mengatakan China mungkin juga telah menetapkan kemampuan untuk meluncurkan kendaraan luncur hipersonik menggunakan sistem pengeboman orbital pecahan (FOB). Kemampuan yang banyak dibicarakan ini mempunyai implikasi strategis yang luas, baik digunakan dengan hulu ledak konvensional atau nuklir. Namun, sistem ini belum sepenuhnya dikembangkan atau diterapkan. Kapabilitasnya masih bersifat futuristik.



Sesuai perkiraan Amerika Serikat (AS), PLARF memiliki sekitar 3.150 rudal dengan beragam jenis. Bagian konvensional PLARF dapat memiliki sekitar 2.500 rudal balistik dan jelajah.

China dinilai memiliki rudal anti-kapal yang memadai untuk menyerang setiap kapal kombatan permukaan AS di Laut China Selatan setelah mengatasi pertahanan rudal setiap kapal. Persenjataan nuklir China lebih kecil dibandingkan AS atau Rusia. Namun, berdasarkan laporan terbaru, Beijing memiliki lebih dari 500 hulu ledak nuklir dan jumlahnya diperkirakan menjadi sekitar 1.000 pada 2030.

Kekuatan Nuklir China


Persenjataan nuklir China terus ditingkatkan, dimodernisasi, dan diperluas. Ciri penting dari perluasan dan modernisasi PLARF adalah bahwa China telah meningkatkan akurasi misilnya dengan CEP yang jauh lebih kecil.

Serangan presisi jarak jauh PLARF dapat mengganggu operasi ISR, EW, AD, komando dan kendali, serta logistik musuh-musuhnya, selain kemampuan mengenai sasaran dengan baik. PLARF diperkirakan memiliki ISR dan AD yang terintegrasi dan dilengkapi untuk melakukan pertempuran "terinformasi”, sesuai dengan doktrin PLA.

Selain memberikan pencegahan strategis, PLARF mungkin telah dilengkapi kemampuan dan kapasitas memadai untuk menekan pertahanan udara musuh dan menghalangi wilayah darat, udara, atau laut China. PLARF memungkinkan China untuk melakukan pertempuran ke wilayah musuh.

"Area fokus utama PLARF adalah Taiwan dan Laut China Selatan. Namun PLARF juga mempertahankan kemampuan bertempur di Semenanjung Korea, India, Rusia, dan AS. Dalam hal ini, China berfokus pada rudal balistik anti-kapal," kata Shankar.

DF-21 dan DF-26 diproyeksikan sebagai “pembunuh kapal induk” terutama untuk melawan kelompok tempur kapal induk AS. China juga bermaksud menggunakan PLARF untuk menolak akses AS ke wilayah tersebut melalui darat, udara, dan laut serta menghambat kemampuannya dalam membantu sekutu regional.

PLARF saat ini memiliki setidaknya 40 brigade rudal tempur. Ini diorganisasikan ke dalam enam "pangkalan”, masing-masing terdiri dari empat hingga delapan brigade. Pangkalan rudal diberi nomor 61 hingga 66.

Setiap pangkalan sesuai dengan wilayah geografis di China. Setiap brigade terdiri dari beberapa batalyon atau kompi independen yang dipersenjatai jenis rudal tertentu. Unit-unit ini dapat dipersenjatai secara konvensional atau dilengkapi senjata nuklir.

Brigade rudal konvensional dapat memiliki hingga 36 peluncur dengan masing-masing enam rudal. Brigade rudal nuklir bergerak dapat memiliki antara enam dan 12 peluncur. Penempatan brigade rudal nuklir berbasis silo mungkin berbeda-beda karena skenario ini sedang mengalami perubahan.

Semakin kecil rudalnya, semakin banyak peluncur dalam satu brigade. Brigade rudal yang dilengkapi SRBM (DF-11A atau DF-15B) biasanya memiliki hingga 36 peluncur per brigade. Sistem jarak menengah dan menengah mungkin memiliki antara 24 dan 36 peluncur.

Hulu ledak nuklir China ditimbun di pangkalan tambahan (Pangkalan 67), terpisah dari rudal. Menariknya, jumlah unit pendukung di Pangkalan 67 tidak bertambah dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa akan ada pangkalan baru atau ada peralihan ke penimbunan di dekat silo baru (yang akan segera dibangun).

PLARF memiliki enam brigade SRBM yang dilengkapi sistem DF-11, DF-15, dan DF-16. Sistem ini memungkinkan PLA untuk menyerang sasaran-sasaran penting yang sensitif, seperti pusat komando dan kendali, persediaan senjata, dan pangkalan udara dalam konflik regional. Sistem ini mampu membawa berbagai hulu ledak khusus untuk sasarannya.

Silo Rudal ICBM


Hal yang perlu menjadi perhatian adalah China memperluas penyebarannya yang berbasis silo secara ekstensif. Ekspansi besar-besaran dalam penerapan berbasis silo dapat disebabkan tiga alasan.

Pertama, China mungkin merasa bahwa pasukan bergerak mereka mungkin tidak dapat bertahan dari serangan pertama. Kedua, silo besar menciptakan “spons rudal” untuk menyerap serangan pertama dan masih mampu membalas. Ketiga, silo besar memberikan kemampuan penipuan.

Silo yang sedang dibangun China terdiri dari dua jenis: berisi rudal berbahan bakar padat dan berbahan bakar cair. Roket dalam silo berbahan bakar padat merupakan bagian dari sistem siaga berkelanjutan. Dilaporkan juga bahwa fasilitas penyimpanan tambahan mungkin sedang dibangun di dekat silo ini. Hal ini memberi China kemampuan "peluncuran dalam keadaan peringatan”.

Dilaporkan lebih lanjut bahwa China sedang membangun tiga ladang silo propelan padat baru di Yumen, Hami, dan Hanggin Banner, yang secara kumulatif dapat menampung setidaknya 300 silo rudal jelajah antarbenua (ICBM) baru. Sebagian besar konstruksi selesai pada 2022, dan beberapa silo tersebut sudah dapat diisi ICBM.

PLARF juga memperluas silo berbahan bakar cairnya untuk menembakkan rudal DF-5. Rudal berbahan bakar cair seperti DF-5 dapat membawa muatan yang jauh lebih berat dibandingkan rudal berbahan bakar padat. Oleh karena itu, jumlah hulu ledak (terutama MIRV) dapat meningkat berkali-kali lipat pada rudal tersebut.

"Penggunaan hulu ledak ganda menyiratkan sedikit peningkatan dalam jumlah rudal, yang akan menyebabkan peningkatan kemampuan China yang tidak proporsional. Idenya adalah untuk meningkatkan silo dari 18 silo saat ini menjadi setidaknya 48 silo operasional selama tiga tahun ke depan. Beberapa dari silo ini mungkin memiliki ICBM campuran," ungkap Shankar.

Selain itu, China telah memperbanyak jumlah peluncur seluler. Hal yang perlu diperhatikan adalah semua silo baru bermunculan jauh di China, jauh dari pantai. Selain membuktikan kedalamannya, penyebaran ini juga meningkatkan jangkauan ke AS, Eropa, dan Rusia.

Secara keseluruhan, masalah dengan kekuatan rudal China bukanlah pada perluasan jumlah peluncur atau rudal. Ini adalah peralihan dari pencegahan balasan ke pencegahan yang terjamin. Hal ini juga didasarkan pada adanya ambiguitas yang tinggi dalam penggunaan hulu ledak konvensional atau nuklir. Rudal dengan hulu ledak yang dapat dipertukarkan meningkatkan kemampuan ini.

Pengembangan dan penyebaran rudal menunjukkan kemampuan kredibel untuk mempertahankan diri atau menyerang. Hal ini telah memungkinkan China untuk beralih dari sekadar kebijakan "Tidak Menggunakan Duluan" menjadi kemungkinan menggunakan terlebih dahulu tanpa deklarasi implisit. Postur baru ini memungkinkan China mengambil inisiatif untuk menentukan apakah konflik tersebut tetap konvensional atau sebaliknya.

PLARF dalam Skenario Taktis


Dasar pemikiran PLARF memerlukan pemahaman. Pasukan ini mengimbangi kurangnya pangkalan di luar negeri, kapal induk, dan pesawat tempur modern China untuk memproyeksikan kekuatan secara global.

PLARF juga menetralisir ketidakmampuan China untuk mengoperasikan armada luar negeri yang besar secara global, terutama karena China tidak memiliki cukup orang atau pengalaman untuk mengemudikan pesawat atau menjadi kapten kapalnya.

Ini bukan yang diinginkan China, tapi inilah yang harus dilakukan mereka. Di sisi lain, persediaan rudal China bersifat tradisional dan merupakan pilihan yang lebih murah untuk proyeksi kekuatannya. Hal ini mungkin dapat mencapai tujuan China. Secara keseluruhan, situasi ini tidak akan berubah di masa mendatang. Upaya untuk meniru/mereplikasi PLARF dalam konteks India memerlukan pemikiran ulang. India harus memanfaatkan kekuatan dan persyaratannya.

Aset PLARF akan menjadi target bernilai tinggi dalam skenario konflik apa pun. Namun, semua laporan terkait PLARF sejauh ini kurang rinci mengenai perlindungan aset-aset dari potensi serangan udara. Sistem pencegat rudal China masih dalam tahap uji coba dan bergantung pada sistem S-300 yang diperolehnya dari Rusia. Ketiadaan kemampuan pertahanan udara yang berlapis memang menunjukkan adanya kerentanan yang dapat dieksploitasi.

PLARF adalah kekuatan strategis tangguh yang dapat digunakan pada kedalaman operasional. Namun dalam skenario taktis, perannya relatif terbatas. Setelah melewati tahap pertempuran awal, dampak PLARF akan berkurang dalam skenario apa pun.

Selain itu, seiring dengan berlanjutnya pertempuran, peran dan kemanjuran roket dan rudal juga menjadi terbatas. Kampanye yang berkepanjangan akan menghilangkan keuntungan yang diberikan PLARF terhadap China.

Hal ini terlihat sangat jelas dalam perang Ukraina dan pertempuran Israel-Hamas. Setelah pertempuran dimulai, kemampuan untuk bertarung dan menang pada level taktis menjadi lebih penting. PLARF tidak akan memenangkan perang untuk China seperti yang selama ini coba dipropagandakan.

Pengerahan sistem rudal/roket yang dilakukan China di Tibet sebagian besarnya hanya untuk mengompensasi kekurangan mereka dalam kemampuan udara berawak di dataran tinggi. PLARF tidak memberikan keuntungan besar kepada China pada tingkat taktis dan operasional di sepanjang Garis Kendali Aktual (LAC) dengan India. Selain itu, kemanjuran sistem ini di dataran tinggi masih belum terbukti.

Tidak ada keraguan bahwa PLA mempunyai kekuatan rudal dan roket yang lebih besar dibandingkan India. Namun, penempatan pangkalan dan unit PLARF menunjukkan bias yang besar terhadap wilayah timur yang berpenduduk dan kritis secara ekonomi dibandingkan dengan Tibet.

Jelas sekali bahwa China tidak dapat mengerahkan seluruh persenjataannya untuk melawan India dan membiarkan dirinya rentan di jantung wilayah Han. Kebanyakan penilaian terkini berasal dari sumber-sumber Barat yang menyatakan kasus ini dari sudut pandang mereka.

"Sangat mungkin bahwa kita terlalu menilai ancaman dari PLARF secara kualitatif dan kuantitatif dalam skenario konvensional. Oleh karena itu, penilaian yang realistis diperlukan dalam konteks China-India. Persamaan nuklir berbeda dengan dinamika berbeda dan tidak dibahas lebih lanjut," ucap Shankar.

Praktik Korupsi di Internal PLARF


Di daerah Tibet yang keras, kemampuan mengerahkan sistem roket dan rudal berat dibatasi banyak faktor. Faktor-faktor ini memungkinkan untuk menetralisir kekuatan PLARF. Mengontrol rute keluar masuk dan pengerahan aset PLARF dapat memberikan keuntungan besar di Pegunungan Himalaya.

Komandan harus menggunakan kemampuan intelijen, pengawasan, dan pengintaian (ISR) untuk mengidentifikasi aset PLARF dan menggunakan pasukan operasi khusus atau tembakan presisi jarak jauh, baik dukungan integral atau udara, untuk menetralisir ancaman yang ditimbulkan sistem rudal tersebut. ISR juga dapat mengidentifikasi apakah unit PLARF merupakan unit konvensional atau nuklir sehingga komandan dapat bereaksi sesuai dengan kondisi.

India tidak boleh bersaing dengan China secara kuantitatif. New Delhi harus melihat hasil yang diinginkan dengan biaya minimal. India seharusnya fokus pada penyeimbangan kualitatif. Penyeimbangan kualitatif datang dari pengerahan pasukan imajinatif dengan mengeksploitasi medan, menggabungkan pertahanan udara/misil berlapis, penguatan aset milik sendiri secara selektif, pertahanan udara berlapis, dan penipuan untuk mengelabui China agar menyerang sasaran yang salah.

Filosofi pencegahan dengan penolakan akan menghasilkan manfaat yang sangat besar. Hal ini dapat mengurangi bahaya kesalahan serangan presisi jarak jauh yang sangat besar. Namun, hal itu memerlukan perencanaan bersama yang tekun dan telaten.

Hal terakhir, PLARF didanai besar-besaran oleh China. Oleh karena itu, banyak korupsi terlibat di dalamnya. Hal ini terlihat jelas dari pemecatan Menteri Pertahanan dan pimpinan tertinggi PLARF baru-baru ini.

Wakil Ketua Komisi Militer Pusat China juga secara terbuka menyebutkan kualitas perangkat PLARF di bawah standar. Jika dideskripsikan lebih jauh, PLARF merupakan kekuatan yang didukung dana besar, kepemimpinan korup, dan peralatan di bawah standar.

"Perlu diketahui apakah deskripsi tersebut bersifat permanen atau hanya sementara. Kita tidak akan pernah tahu karena sebagian besar kekuatan ini tidak akan digunakan dalam pertempuran apa pun!" pungkas Shankar.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)