7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Senin, 11 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Dalam salah satu video kamera dasbor yang diverifikasi oleh CNN, seorang militan melemparkan granat ke tempat perlindungan bom di dekat lokasi festival musik Nova. Para pejuang kemudian segera berlindung ketika seorang pria melarikan diri dari tempat perlindungan.

“Mereka semua mencari perlindungan, hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang pernah melakukan hal tersebut sebelumnya,” kata mantan Letnan David Benson, yang bertugas di Irak dan sekarang bekerja di sebuah perusahaan keamanan. Video tersebut menunjukkan tingkat pelatihan di antara para pejuang, katanya.

Granat tangan muncul lagi di foto Reuters tanggal 8 Oktober. Gambar tersebut menunjukkan pasukan Israel memeriksa senjata yang diletakkan di trotoar di luar kantor polisi di kota perbatasan Sderot. Tiga ahli mengatakan kepada CNN bahwa perangkat tersebut tampaknya adalah granat tangan.

Apakah Hamas memperoleh atau memproduksi granat tersebut masih belum jelas, namun fakta bahwa mereka memiliki granat tersebut menunjukkan bahwa kelompok tersebut telah membangun kemampuannya dalam beberapa tahun terakhir.

“Granat tangan mahal harganya, bahkan di militer Amerika,” kata Benson.

5. Drone

7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Foto/Reuters

Sebuah video yang diposting di akun media sosial Hamas menunjukkan pandangan sekilas mengenai amunisi yang diklaim Hamas dijatuhkan ke tentara Israel dengan menggunakan drone. CNN belum dapat memverifikasi keaslian video tersebut, namun senjata serupa digunakan dalam serangan awal, di mana Hamas menjatuhkan bom di menara senapan mesin tak berawak di sebuah pos terdepan Israel di sepanjang jalan raya.

Biddle mengatakan tampaknya drone dalam video itu menargetkan sensor yang memantau pagar yang memisahkan Gaza dari Israel, yang mengindikasikan adanya serangan yang direncanakan. “Hal pertama yang harus dilakukan bukanlah menerobos pagar, melainkan menghancurkan sensornya.”

Spencer mengatakan kepada CNN bahwa hal ini tidak hanya mencakup pasokan yang didukung negara, tetapi juga pelatihan untuk mengetahui cara menggunakan perangkat tersebut dan bom mana yang paling efektif untuk menargetkan target mereka.

“Drone adalah satu-satunya hal yang mengejutkan saya. Adalah normal untuk berpikir bahwa mereka akan memilikinya, namun dengan adanya tingkat koordinasi dan kecanggihan serangan tersebut, dan untuk menyertakan video-video yang mereka rilis… Bagi saya, sekali lagi, hal ini sangat menunjuk pada sponsor militan Hamas yang didukung negara, kata Spencer.

Dalam video lain yang dirilis oleh Hamas dan ditempatkan secara geolokasi oleh CNN, sebuah drone tampak memasang IED tepat waktu di atas senapan mesin otomatis yang dikendalikan dari jarak jauh di sebuah pos terdepan Israel dekat Kfar Aza, Israel.

6. Paraglider

7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Foto/Reuters
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)