7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Senin, 11 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
A A A
“Ini mungkin difilmkan 40 tahun lalu. Ini adalah perlengkapan yang sama,” kata Lyons. “Mereka dirancang secara sederhana, dan dirancang untuk bekerja dalam kondisi paling keras dan terburuk di dunia.”

3. Roket

7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Foto/Reuters

Hamas telah lama bergantung pada roket untuk melakukan pertempuran asimetris dengan Israel. Pada hari Sabtu saja, kelompok militan tersebut mengklaim telah menembakkan 5.000 roket ke Israel, yang sebagian besar dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome Israel.

Namun, banyaknya roket terkadang membuat Iron Dome kewalahan, sebuah sistem canggih yang dilengkapi radar untuk mendeteksi proyektil yang masuk dan menembak jatuhnya.

Beberapa bahkan mendarat tanpa meledak di rumah-rumah Israel. Dalam video pendek yang diposting di Telegram, seorang pria memperlihatkan sisa-sisa roket Hamas yang menonjol melalui langit-langit kamar tidur. Roket tersebut tampaknya merupakan roket Qassam atau Saraya al-Quds yang belum meledak, kata seorang peneliti Inggris yang menjalankan Calibre Obscura, sebuah situs web yang mengidentifikasi senjata. Kedua roket tersebut diidentifikasi, kata peneliti, oleh kelompok yang menggunakannya: sayap militer Hamas, yang dikenal sebagai brigade Izz al-Din al-Qassam; dan brigade al-Quds dari Jihad Islam Palestina, kelompok Islam saingan di Jalur Gaza.

Hamas memproduksi sebagian besar roket Qassam sendiri saat ini, kata peneliti tersebut, mengingat sulitnya menyelundupkan roket yang lebih besar ke Jalur Gaza yang diblokade. Bagaimana kelompok tersebut memproduksi roket darurat masih kurang diketahui. Dalam pertempuran sebelumnya dengan Israel, Hamas diketahui menembakkan roket yang terbuat dari pipa air tua, kata peneliti tersebut.

Seorang pejabat senior Hamas yang berbasis di Lebanon memberikan rincian pembuatan senjata kelompok tersebut dalam wawancara yang telah diedit dengan saluran berita berbahasa Arab Russia Today, RT Arab, yang diterbitkan di situs web mereka pada hari Minggu.

“Kami memiliki pabrik lokal untuk segala hal, untuk roket dengan jangkauan 250 km, 160 km, 80 km, dan 10 km. Kami memiliki pabrik mortir dan pelurunya. … Kami memiliki pabrik untuk Kalashnikov (senapan) dan pelurunya. Kami memproduksi peluru tersebut dengan izin dari Rusia. Kami sedang membangunnya di Gaza,” kata Ali Baraka, kepala Hubungan Nasional Hamas di Luar Negeri, kepada outlet tersebut.

Namun mantan pejabat AS mengatakan tidak diragukan lagi bahwa persediaan senjata dalam jumlah besar yang digunakan dalam serangan hari Sabtu diperoleh dan dikumpulkan dengan bantuan Iran.

“Hamas tidak membangun sistem panduan dan rudal-rudal tersebut di Gaza,” kata purnawirawan Jenderal Frank McKenzie, mantan komandan Komando Pusat AS. “Mereka mendapatkannya dari suatu tempat. Dan bantuan teknologi untuk mewujudkannya tentu saja datang dari Iran – dari mana lagi bantuan itu bisa datang?”

4. Granat

7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Foto/Reuters

Pada tahap awal serangan mereka, militan Hamas menggunakan granat ketika mereka menyerbu kota-kota dan desa-desa Israel di dekat Jalur Gaza.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)