7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Senin, 11 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel
Hamas memiliki banyak senjata yang digunakan dalam berperang melawan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Roket buatan sendiri. AK-47 yang dimodifikasi. Senapan mesin Soviet berusia puluhan tahun. Senjata-senjata murah, bekas, dan curian merupakan persenjataan darurat Hamas yang memicu serangan multi-cabang yang menghancurkan terhadap Israel selama akhir pekan.

CNN menganalisis lusinan foto dan video militan Hamas selama serangan mendadak tersebut untuk mengidentifikasi senjata yang digunakan untuk membunuh sedikitnya 1.200 orang di Israel. Banyak dari senjata tersebut tampaknya merupakan senjata api buatan Rusia atau Tiongkok, yang diduga tertinggal di medan perang pada beberapa dekade yang lalu dan akhirnya jatuh ke tangan teroris Hamas, kata para ahli.

Seorang ahli menggambarkan bagaimana serangan yang direncanakan secara rumit, di mana teroris Hamas menyusup ke Israel melalui darat, laut dan udara, mencerminkan perubahan dalam strategi militer Hamas secara keseluruhan. Yang lain percaya bahwa senjata api tertentu kemungkinan besar dipasok dari Iran, yang menurut Departemen Luar Negeri AS mendukung kelompok teroris tersebut dengan uang, peralatan militer, dan pelatihan.

Hamas beroperasi di Gaza, sebuah wilayah pesisir Mediterania yang berbatasan dengan Israel dan Mesir, yang telah terputus dari seluruh dunia sejak tahun 2007 ketika Hamas menguasai wilayah tersebut, sehingga mendorong Israel dan Mesir untuk menerapkan blokade terhadap wilayah tersebut.

Meskipun senjata yang mereka miliki jauh lebih canggih dibandingkan standar Israel – militer negara tersebut memiliki akses terhadap beberapa peralatan terbaik yang bisa disediakan oleh AS – namun dampaknya menimbulkan tingkat kehancuran yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Itu adalah senjata pemusnah massal di mata saya,” kata Purnawirawan Mayor Angkatan Darat AS Mike Lyons, mengacu pada rudal permukaan-ke-udara portabel yang dapat dilihat setidaknya dalam satu video yang diulas oleh CNN. Namun para pejuang Hamas tidak membutuhkan peralatan canggih untuk bisa mematikan, kata Lyons. “Mereka hanya perlu menciptakan teror.”

7Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

1. Senjata Mesin

7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Foto/Reuters

Gambar yang dianalisis oleh CNN menunjukkan DShK buatan Soviet, senapan mesin kaliber 50, dimodifikasi dan dipasang pada mobil pikap.

Senjata tersebut biasanya membutuhkan dua orang – satu untuk mengisi senjata dengan peluru dan satu lagi untuk menembak, kata Lyons. Namun dia menduga senjata ini telah diubah sehingga lebih mudah dioperasikan oleh satu pesawat tempur.

“Seseorang bisa duduk, meletakkan tangannya di pelatuk dan menembak dengan satu tangan dan melakukan sesuatu dengan tangan lainnya,” kata Lyons. “Hal-hal ini mendatangkan malapetaka.”

Senjata-senjata tersebut, yang dirancang untuk menembus kendaraan dan pesawat militer, sering digunakan oleh militer profesional. Mereka biasanya dipasang pada tripod atau kendaraan lapis baja dan digunakan sebagai senjata pertahanan dalam pertempuran.

“Sangat jarang… melihat (senjata ini) dikirim ke desa yang tidak dijaga dan tidak ada kehadiran militer,” kata John Spencer, ketua Studi Peperangan Perkotaan di Modern War Institute di West Point. “Ini seperti pembunuhan militer atau penembak aktif.”


2. AK-47

7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Foto/Reuters

Dalam banyak video dan foto yang dianalisis CNN, para penyerang membawa senjata AK-47. Mematikan, mudah digunakan dan mudah ditemukan, ini adalah senapan serbu pilihan kelompok militan, kata para ahli.

“Jika Anda menahan pelatuknya, Anda dapat mengosongkan seluruh magasinnya. Ia memiliki laju tembakan siklik yang tinggi. Senjata ini dapat digunakan untuk menyemprotkan peluru,” kata Stephen Biddle, seorang profesor dan pakar pertahanan di Universitas Columbia, yang menggambarkan keberadaan senjata tersebut di mana-mana. “Bukan berarti Hamas berusaha keras untuk mendapatkan hal-hal ini.”

Sebuah video yang dipublikasikan di saluran Telegram Hamas menunjukkan para pejuang – sebagian besar membawa AK-47 – menyerbu pos militer Israel. Para penyerang menerobos lingkungan Israel, menembaki tank Israel dan menahan warga sipil di bawah todongan senjata.

Beberapa ahli yang berbicara dengan CNN menyebutkan modifikasi yang akan dilakukan beberapa kelompok terhadap AK-47, termasuk menghilangkan peralatan untuk membuat senjata lebih ringan dan lebih mudah digunakan.

“Mereka akan memodifikasinya karena hanya soal kepraktisan,” kata Lyons.

“Kalau semua terstandar, itu tandanya profesionalisasi,” ujarnya. “Anda dapat melakukan sedikit modifikasi pada peralatan lama agar sama efektifnya atau membuatnya sedikit lebih efektif atau ergonomis.”

Beberapa AK-47, menurut beberapa ahli, kemungkinan juga merupakan senjata lama Soviet yang ditinggalkan selama invasi federasi tersebut ke Afghanistan pada tahun 1980an. Lainnya mungkin merupakan senjata kuno Tiongkok yang disalurkan ke jaringan senjata teroris. Beberapa mungkin berasal dari Irak, tempat Saddam Hussein membeli ribuan AK-47. Selain itu, sejumlah senjata ringan dari Libya memasuki pasar gelap pada tahun 2010an, kata para ahli.

Bagi Lyons, ini adalah sebuah teka-teki ketika militer yang lebih canggih meninggalkan peralatannya di medan perang – yang pada akhirnya mungkin akan jatuh ke tangan kelompok teroris.

“Ini mungkin difilmkan 40 tahun lalu. Ini adalah perlengkapan yang sama,” kata Lyons. “Mereka dirancang secara sederhana, dan dirancang untuk bekerja dalam kondisi paling keras dan terburuk di dunia.”

3. Roket

7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Foto/Reuters

Hamas telah lama bergantung pada roket untuk melakukan pertempuran asimetris dengan Israel. Pada hari Sabtu saja, kelompok militan tersebut mengklaim telah menembakkan 5.000 roket ke Israel, yang sebagian besar dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome Israel.

Namun, banyaknya roket terkadang membuat Iron Dome kewalahan, sebuah sistem canggih yang dilengkapi radar untuk mendeteksi proyektil yang masuk dan menembak jatuhnya.

Beberapa bahkan mendarat tanpa meledak di rumah-rumah Israel. Dalam video pendek yang diposting di Telegram, seorang pria memperlihatkan sisa-sisa roket Hamas yang menonjol melalui langit-langit kamar tidur. Roket tersebut tampaknya merupakan roket Qassam atau Saraya al-Quds yang belum meledak, kata seorang peneliti Inggris yang menjalankan Calibre Obscura, sebuah situs web yang mengidentifikasi senjata. Kedua roket tersebut diidentifikasi, kata peneliti, oleh kelompok yang menggunakannya: sayap militer Hamas, yang dikenal sebagai brigade Izz al-Din al-Qassam; dan brigade al-Quds dari Jihad Islam Palestina, kelompok Islam saingan di Jalur Gaza.

Hamas memproduksi sebagian besar roket Qassam sendiri saat ini, kata peneliti tersebut, mengingat sulitnya menyelundupkan roket yang lebih besar ke Jalur Gaza yang diblokade. Bagaimana kelompok tersebut memproduksi roket darurat masih kurang diketahui. Dalam pertempuran sebelumnya dengan Israel, Hamas diketahui menembakkan roket yang terbuat dari pipa air tua, kata peneliti tersebut.

Seorang pejabat senior Hamas yang berbasis di Lebanon memberikan rincian pembuatan senjata kelompok tersebut dalam wawancara yang telah diedit dengan saluran berita berbahasa Arab Russia Today, RT Arab, yang diterbitkan di situs web mereka pada hari Minggu.

“Kami memiliki pabrik lokal untuk segala hal, untuk roket dengan jangkauan 250 km, 160 km, 80 km, dan 10 km. Kami memiliki pabrik mortir dan pelurunya. … Kami memiliki pabrik untuk Kalashnikov (senapan) dan pelurunya. Kami memproduksi peluru tersebut dengan izin dari Rusia. Kami sedang membangunnya di Gaza,” kata Ali Baraka, kepala Hubungan Nasional Hamas di Luar Negeri, kepada outlet tersebut.

Namun mantan pejabat AS mengatakan tidak diragukan lagi bahwa persediaan senjata dalam jumlah besar yang digunakan dalam serangan hari Sabtu diperoleh dan dikumpulkan dengan bantuan Iran.

“Hamas tidak membangun sistem panduan dan rudal-rudal tersebut di Gaza,” kata purnawirawan Jenderal Frank McKenzie, mantan komandan Komando Pusat AS. “Mereka mendapatkannya dari suatu tempat. Dan bantuan teknologi untuk mewujudkannya tentu saja datang dari Iran – dari mana lagi bantuan itu bisa datang?”

4. Granat

7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Foto/Reuters

Pada tahap awal serangan mereka, militan Hamas menggunakan granat ketika mereka menyerbu kota-kota dan desa-desa Israel di dekat Jalur Gaza.

Dalam salah satu video kamera dasbor yang diverifikasi oleh CNN, seorang militan melemparkan granat ke tempat perlindungan bom di dekat lokasi festival musik Nova. Para pejuang kemudian segera berlindung ketika seorang pria melarikan diri dari tempat perlindungan.

“Mereka semua mencari perlindungan, hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang pernah melakukan hal tersebut sebelumnya,” kata mantan Letnan David Benson, yang bertugas di Irak dan sekarang bekerja di sebuah perusahaan keamanan. Video tersebut menunjukkan tingkat pelatihan di antara para pejuang, katanya.

Granat tangan muncul lagi di foto Reuters tanggal 8 Oktober. Gambar tersebut menunjukkan pasukan Israel memeriksa senjata yang diletakkan di trotoar di luar kantor polisi di kota perbatasan Sderot. Tiga ahli mengatakan kepada CNN bahwa perangkat tersebut tampaknya adalah granat tangan.

Apakah Hamas memperoleh atau memproduksi granat tersebut masih belum jelas, namun fakta bahwa mereka memiliki granat tersebut menunjukkan bahwa kelompok tersebut telah membangun kemampuannya dalam beberapa tahun terakhir.

“Granat tangan mahal harganya, bahkan di militer Amerika,” kata Benson.

5. Drone

7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Foto/Reuters

Sebuah video yang diposting di akun media sosial Hamas menunjukkan pandangan sekilas mengenai amunisi yang diklaim Hamas dijatuhkan ke tentara Israel dengan menggunakan drone. CNN belum dapat memverifikasi keaslian video tersebut, namun senjata serupa digunakan dalam serangan awal, di mana Hamas menjatuhkan bom di menara senapan mesin tak berawak di sebuah pos terdepan Israel di sepanjang jalan raya.

Biddle mengatakan tampaknya drone dalam video itu menargetkan sensor yang memantau pagar yang memisahkan Gaza dari Israel, yang mengindikasikan adanya serangan yang direncanakan. “Hal pertama yang harus dilakukan bukanlah menerobos pagar, melainkan menghancurkan sensornya.”

Spencer mengatakan kepada CNN bahwa hal ini tidak hanya mencakup pasokan yang didukung negara, tetapi juga pelatihan untuk mengetahui cara menggunakan perangkat tersebut dan bom mana yang paling efektif untuk menargetkan target mereka.

“Drone adalah satu-satunya hal yang mengejutkan saya. Adalah normal untuk berpikir bahwa mereka akan memilikinya, namun dengan adanya tingkat koordinasi dan kecanggihan serangan tersebut, dan untuk menyertakan video-video yang mereka rilis… Bagi saya, sekali lagi, hal ini sangat menunjuk pada sponsor militan Hamas yang didukung negara, kata Spencer.

Dalam video lain yang dirilis oleh Hamas dan ditempatkan secara geolokasi oleh CNN, sebuah drone tampak memasang IED tepat waktu di atas senapan mesin otomatis yang dikendalikan dari jarak jauh di sebuah pos terdepan Israel dekat Kfar Aza, Israel.

6. Paraglider

7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Foto/Reuters

Dalam video Hamas lainnya yang dianalisis oleh CNN, para militan terlihat terikat di layar dan memasuki Israel selama gelombang awal serangan hari Sabtu ketika roket diluncurkan di dekat Beit Lahia, Gaza, menghujani Israel.

Paralayang, yang menggunakan angin untuk mendorong ke depan dan ke atas, atau parasut bertenaga, yang memiliki mesin, biasanya digunakan oleh para pencari petualangan. Namun senjata ini tidak umum digunakan dalam peperangan – dan untuk alasan yang baik.

“Paraglider sangat rentan dan tidak bisa bermanuver,” kata Benson.

Sean Elliott, wakil presiden Urusan Industri & Regulasi di Experimental Aircraft Association, setuju.

“Cakupannya cukup sempit,” kata Elliott. “Anda memerlukan kondisi dan lingkungan yang tepat. Ada banyak kelemahan.”

Tapi itu pernah terjadi sebelumnya. Pada akhir tahun 1987, seorang pejuang Palestina yang diikat pada pesawat layang gantung – mirip dengan paralayang tetapi memiliki kerangka sayap yang kaku – memasuki wilayah udara Israel. Pejuang tersebut, yang dipersenjatai dengan granat tangan, pistol dan senapan serbu, membunuh enam tentara Israel dan melukai tujuh lainnya sebelum dia terbunuh, TIME melaporkan.

Dan baru-baru ini, pada tahun 2012, seorang tersangka sel teroris Al Qaeda di Spanyol ditemukan membawa tiga paralayang bermotor dan dilatih oleh instruktur lokal tentang cara menerbangkannya.

Namun Spencer mengatakan Hamas tidak hanya menarik paralayang dari rak-rak di toko luar ruangan dan menduga bahwa kelompok tersebut mungkin telah dilatih dan dipasok oleh sponsor di luar Gaza.

“Mereka tidak membuat sendiri peralatannya,” kata Spencer.

7. Buldoser

7 Senjata yang Digunakan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Foto/Reuters

Beberapa ahli yang berbicara kepada CNN menekankan sifat ad hoc serangan Hamas. Para pejuang tampaknya menggunakan apa pun yang dimiliki kelompok militan tersebut untuk melancarkan serangan.

Gambar dari serangan awal menunjukkan buldoser digunakan untuk merobohkan pagar yang memisahkan Gaza dari Israel.

Dalam beberapa video, militan Hamas terlihat mengendarai kendaraan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan menggunakan senjata Israel yang kemungkinan besar diambil pada pertempuran awal.

Hamas juga dilaporkan mengenakan seragam tentara Israel untuk membingungkan pasukan Israel—sebuah taktik yang mereka gunakan dalam peperangan sebelumnya.

“Praktik Hamas berpakaian seperti tentara IDF untuk merebut daerah lain, tentara atau mendekat untuk menyerang adalah taktik mereka yang sangat umum,” kata Spencer.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)