AS Remehkan Serangan di Laut Merah untuk Redam Bara Timur Tengah

Rabu, 06 Desember 2023 - 06:31 WIB
loading...
A A A
“Anda akan kesulitan menemukan waktu lain pasukan AS ditantang dengan cara seperti ini di wilayah tersebut,” ujar seorang pejabat.

Yang lain mengatakan dia setuju dengan penilaian bahwa tidak diketahui apakah USS Carney menjadi sasaran, tetapi menambahkan pemerintahan Biden menekankan narasi tersebut untuk “menghindari eskalasi yang tidak perlu” di wilayah tersebut.

Namun, ditekankan bahwa pemerintahan Biden memberikan ruang gerak, sehingga para pejabat dapat memperbarui penilaian mereka di lain waktu.

Laksamana Christopher Grady mengatakan serangan-serangan itu mewakili perluasan konflik. “Ini mungkin merupakan perluasan dari konflik yang lebih besar antara Israel dan Hamas,” ujar dia, bertentangan dengan juru bicara Pentagon yang telah berulang kali menggambarkan serangan Houthi terhadap kapal pengiriman sebagai hal yang “terpisah dan berbeda” dari konflik Palestina-Israel.

Para pejabat lebih lanjut mengindikasikan respons yang lebih besar dari AS masih mungkin dilakukan.

“Jika kami melakukan penilaian atau merasa perlu untuk merespons, kami akan selalu mengambil keputusan tersebut pada waktu atau tempat yang kami pilih. Itu adalah keputusan yang juga akan dibuat oleh (menteri pertahanan AS) bersama dengan presiden,” ujar seorang pejabat Departemen Pertahanan kepada media AS.

Menanggapi klaim pemerintah Inggris bahwa pemerintah Teheran berada di balik serangan pemberontak Houthi, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani menampik klaim tersebut.

“Seperti yang telah kami umumkan dengan jelas sebelumnya, faksi-faksi perlawanan di kawasan ini tidak menerima perintah dari Republik Islam Iran untuk melawan dan menanggapi kejahatan perang dan genosida yang dilakukan rezim Zionis yang membunuh anak-anak,” ujar dia.

Dia kemudian menambahkan, “AS adalah kaki tangan kejahatan perang, pembantaian dan genosida yang dilakukan rezim Zionis perampas kekuasaan terhadap warga Palestina.”

Pakar kebijakan luar negeri telah berulang kali memperingatkan dukungan AS terhadap Israel membahayakan warga negara Amerika dan kepentingan AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)