Arab Saudi Dilaporkan Bungkam Media Beritakan Pengakuan Yerusalem

Minggu, 10 Desember 2017 - 06:41 WIB
Arab Saudi Dilaporkan Bungkam Media Beritakan Pengakuan Yerusalem
Arab Saudi Dilaporkan Bungkam Media Beritakan Pengakuan Yerusalem
A A A
RIYADH - Arab Saudi telah memerintahkan media di negara kerajaan itu untuk tidak terlalu fokus menyoroti keputusan kontroversial Washington mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Demikian pernyataan beberapa sumber yang mengetahui hal ini.

"Pengadilan kerajaan Saudi mengirim sebuah peringatan keras kepada bos surat kabar dan stasiun televisi serta radio minggu ini mengenai masalah yang telah memicu protes di seluruh dunia Arab," kata sejumlah sumber seperti disadur dari The New Arab, Minggu (10/12/2017).

Berbicara dengan syarat anonim, mereka menambahkan bahwa perintah tersebut memerintahkan media untuk sebaliknya membidik Iran dan negara-negara regional lain dalam liputannya.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu dalam sebuah langkah yang telah membuat orang-orang Palestina marah dan mendekati kutukan universal.

Tidak hanya itu, Trump juga memulai proses pemindahan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Pengadilan kerajaan Saudi pada hari Kamis mengecam keputusan Trump yang tidak dapat dibenarkan dan tidak bertanggung jawab, dalam sebuah langkah mengejutkan yang mungkin membuat malu kepemimpinan Riyadh.

Dewan Tertinggi Ulama Islam - badan keagamaan kerajaan yang paling senior - juga merilis sebuah pernyataan mengkonfirmasikan status Yerusalem yang agung di dunia Muslim.

Beberapa komentator menganggap komentar dewan tersebut mengecewakan karena tidak memiliki kritik yang jelas terhadap Trump yang memberi wewenang untuk pindah dan malah memusatkan perhatian pada kepentingan religius kota suci tersebut.

Pada hari Kamis, seorang menteri Israel menyebut Trump memperoleh "lampu hijau" dari para pemimpin Arab sebelum membuat keputusan yang memecah belah tersebut.

Berbicara kepada Saluran 10 Israel, Yisrael Katz mengklaim bahwa pemerintah AS telah mengkoordinasikan langkah tersebut dengan para pemimpin Saudi sebelum keputusan itu diambil, untuk memastikan bahwa mereka akan membantu reaksi Palestina dan dunia Arab.

Mengenai posisi Arab Saudi mengenai langkah yang diambil Trump, Katz mengklaim Riyadh akan mempertimbangkan kepentingan keamanan bersama dengan Israel, terutama yang berkaitan dengan musuh bersama Iran.

Ketidakpercayaan Arab Saudi dan UEA terhadap kekuatan Syiah Iran telah dibagi bersama Israel dan telah membantu mencairkan hubungan.

Arab Saudi menyangkal adanya hubungan resmi dengan Israel, meski ada banyak laporan baru-baru ini yang mengklaim adanya kesepakatan antara kedua negara.

Israel menganggap Yerusalem sebagai ibukotanya, sebuah posisi yang hampir seluruh dunia menolak dan mengatakan bahwa statusnya harus ditentukan dalam perundingan damai dengan Palestina. Sementara Yerusalem Timur, yang termasuk Kota Tua, dianggap wilayah Palestina yang diduduki berdasarkan hukum internasional.

Orang-orang Palestina berharap wilayah ini akan menjadi ibukota negara masa depan mereka setelah menyetujui negosiasi status akhir dengan Israel, sesuai dengan Perjanjian Oslo 1993. Langkah Trump menempatkan harapan ini dalam bahaya yang serius.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4544 seconds (0.1#10.140)