Netanyahu: Palestina akan Kembali Berunding Jika Trump Terpilih Lagi

Minggu, 20 September 2020 - 06:06 WIB
loading...
Netanyahu: Palestina akan Kembali Berunding Jika Trump Terpilih Lagi
Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menyatakan Palestina akan kembali bernegosiasi dengan Israel jika Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terpilih lagi.

Pernyataan itu diungkapkan Netanyahu dalam pertemuan tertutup yang diungkap harian Israel Hayom. Menurut laporan itu, Netanyahu menyatakan penandatanganan kesepakatan normalisasi dengan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain membuat Palestina tak punya pilihan selain meja negosiasi.

Netanyahu menyatakan jika Trump terpilih lagi, dia akan mulai berunding dengan Palestina berdasarkan kesepakatan abad ini yang dicanangkan Trump.

Saat peringatan penandatanganan kesepakatan itu di Gedung Putih, Netanyahu tidak menyebut apapun terkait Palestina .

Sementara, Trump mengindikasikan bahwa Israel tak terlalu terisolasi di Timur Tengah dibandingkan sebelumnya.

Terkait isu Palestina , Trump menyatakan, “Mereka telah mendatangi jalan panjang. Kami telah membayar mereka USD750 juta.”

Trump kemudian menjelaskan bahwa dia telah bertanya pada pemerintahan AS sebelumnya, “Mengapa Anda membayar saat mereka memperlakukan AS dengan tidak hormat seperti itu?”

“Kita memberi mereka USD750 juta per tahun, mengapa tidak seseorang menghentikan pembayaran itu? Baik, kami tidak berpikir itu akan tepat. Baik, dan saya memutus pembayaran pada mereka,” kata Trump. (Baca Juga: Laboratorium China Bocor, 3.245 Orang Terjangkit Penyakit Brucellosis)

Trump juga meminta negara-negara Teluk menghentikan pembayaran pada Palestina. “Tapi negara-negara lain memberi mereka uang. Anda menghadapi negara-negara sangat kaya. Dan negara-negara itu sekarang semua menandatangani bersama kita. Mereka semua akan menandatangani dengan kita, semua mereka,” papar Trump. (Baca Infografis: Mengaku Dicegah Mattis, Trump Urung Bunuh Presiden Assad)

Saat ditanya apakah negara-negara lain itu bisa Arab Saudi dan Oman, Trump menjawab, “Ya, kita sedang menjalani proses yang sangat jauh dengan sekitar lima negara, lima negara tambahan. Sejujurnya, saya pikir kita dapat memiliki mereka di sini hari ini.” (Lihat Video: RSUD Kota Tangerang Kelebihan Pasien Covid-19)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)