Sibuk dengan Masalah Internal, China Tidak Akan Invasi Taiwan

Kamis, 30 November 2023 - 09:06 WIB
loading...
A A A
Namun dikatakan oleh Tsai, China masih “tertarik untuk ikut campur” dalam pemilihan presiden Taiwan yang akan datang, seraya menambahkan bahwa Beijing berupaya untuk mempengaruhi hasil pemilu agar menguntungkan Taiwan.



“Semua pemilu besar di Taiwan sejak tahun 1996 telah menyaksikan operasi pengaruh serupa dari China,” katanya, seraya mencatat bahwa hal ini mencakup penggunaan ancaman militer dan pemaksaan ekonomi.

"Daripada berharap Beijing akan menyerah pada taktiknya, Taiwan harus fokus pada memperkuat ketahanan demokrasi kami," tambahnya.

Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri akan mengadakan pemilihan presiden pada bulan Januari mendatang, dan hal ini sedang diawasi dengan cermat termasuk oleh para pembuat kebijakan di Beijing dan Washington, karena hal ini dapat menentukan hubungan Taipei dengan Beijing yang semakin suka berperang.

Ketika ditanya apakah upaya Amerika Serikat untuk meningkatkan kemampuan manufaktur chipnya dapat membuat hubungan Washington dengan Taipei menjadi kurang bernilai dalam jangka panjang, Tsai menambahkan bahwa industri semikonduktor Taiwan saat ini tidak dapat digantikan oleh negara lain.

Tsai sendiri tidak dapat mencalonkan diri dalam pemilu mendatang, karena ia telah menjabat selama dua periode.

(ian)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)