Sibuk dengan Masalah Internal, China Tidak Akan Invasi Taiwan

Kamis, 30 November 2023 - 09:06 WIB
loading...
Sibuk dengan Masalah Internal, China Tidak Akan Invasi Taiwan
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Foto/Bloomberg
A A A
TAIPEI - Presiden Taiwan , Tsai Ing-wen, meyakini China tidak akan mempertimbangkan serangan besar-besaran terhadap negaranya saat ini karena sibuk dengan permasalahan dalam negeri, meskipun Beijing berusaha untuk mempengaruhi pemilu mendatang.

“Saya pikir kepemimpinan China pada saat ini kewalahan dengan tantangan internalnya,” kata Tsai pada DealBook Summit 2023 di New York.

“Menurut saya mungkin ini bukan waktunya bagi mereka untuk mempertimbangkan invasi besar-besaran ke Taiwan,” tambahnya dalam rekaman wawancara seperti dikutip dari South China Morning Post, Kamis (30/11/2023).

Tsai mengungkapkan hal itu menanggapi pertanyaan tentang risiko serangan dari China, setelah pertemuan antara presiden Amerika Serikat Joe Biden dengan Presiden China Xi Jinping di California bulan ini.

Pembicaraan para pemimpin tersebut, di sela-sela KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik, bertujuan untuk mencegah meningkatnya ketegangan yang berubah menjadi konflik.



Namun Xi dan Biden masih berselisih paham mengenai konflik Taiwan, dimana pemimpin China tersebut mengatakan kepada rekannya dari AS bahwa reunifikasi “tidak dapat dihentikan”.

Beijing menganggap pulau itu sebagai provinsi yang memisahkan diri dan harus dikuasai – bahkan dengan kekerasan, jika perlu. Banyak negara, termasuk AS, tidak secara resmi mengakui Taiwan sebagai negara merdeka namun menentang penggunaan kekerasan untuk mengubah status quo.

Namun untuk saat ini, kata Tsai, Beijing sedang bergulat dengan tantangan ekonomi, keuangan dan politik dalam negeri.

"Komunitas internasional juga telah memperjelas bahwa perang bukanlah pilihan," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)