Kapal Induk China Dekati Taiwan saat AS Sibuk Bantu Israel

Minggu, 29 Oktober 2023 - 20:59 WIB
loading...
Kapal Induk China Dekati Taiwan saat AS Sibuk Bantu Israel
Foto hitam putih yang dirilis Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan menunjukkan operasi kapal induk CNS Shandong China saat AS sibuk bantu Israel. Foto/Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan
A A A
TAIPEI - Kapal induk CNS Shandong Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China baru-baru ini terlihat beroperasi di dekat Taiwan. Itu terjadi ketika perhatian dunia tertuju pada kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di dekat Israel.

Mengutip EurAsian Times, Minggu (29/0/2023), Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan pada 26 Oktober mengeluarkan pernyataan, disertai dengan foto, yang mengumumkan perjalanan formasi kapal induk CNS Shandong melalui Selat Bashi dan masuknya kapal tersebut ke Pasifik barat.

Selat Bashi, yang terletak di antara Taiwan dan Filipina, merupakan jalur maritim penting di Selat Luzon yang lebih luas, menghubungkan Laut China Timur dan Laut China Selatan.

Kementerian tersebut juga mengungkapkan pemantauan yang cermat terhadap CNS Shandong. Namun rilis tersebut tidak merinci kapal-kapal perang China yang menyertainya.

Ini menandai pengerahan ketiga CNS Shandong di Pasifik barat, dengan pengerahan awal pada bulan April yang melibatkan operasi 19 hari di Laut Filipina, diikuti dengan pengerahan lima hari berikutnya di wilayah yang sama pada bulan September.

Pada pagi hari 28 Oktober 2023, sekitar pukul 07.00 waktu setempat, Pasukan Bela Diri Maritim Jepang juga mengonfirmasi keberadaan lima kapal Angkatan Laut PLA China yang beroperasi di perairan sekitar 460 kilometer selatan Pulau Miyako, Prefektur Okinawa.

Kapal-kapal China tersebut antara lain kapal induk Shandong dengan nomor lambung “17”, dua kapal perusak rudal kelas Ruyan III dengan nomor lambung “164” dan “173”, serta dua fregat kelas Jiangkai II dengan nomor lambung “536” dan “570”.

Selanjutnya, pada hari yang sama, Pasukan Bela Diri Maritim Jepang mengamati peluncuran dan pemulihan pesawat dan helikopter di kapal induk CNS Shandong.

Kementerian Pertahanan dan Pasukan Bela Diri Jepang juga menambahkan bahwa mereka melakukan pengawasan waspada dan mengumpulkan informasi mengenai kegiatan tersebut menggunakan kapal perusak Sazanami, bagian dari Armada Pengawal ke-4 yang berbasis di Kure.

Sementara itu, pada tanggal 26 Oktober, Kantor Staf Gabungan (JSO) Kementerian Pertahanan Jepang juga mengatakan bahwa kendaraan udara tak berawak (UAV) yang diduga milik China telah terbang ke wilayah udara Jepang pada pagi dan sore hari pada hari itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)