China Klaim Mampu Deteksi dan Habisi Bomber Siluman B-21 Amerika

Selasa, 28 November 2023 - 13:30 WIB
loading...
A A A
B-21 memiliki tanda radar yang dilaporkan sekecil nyamuk. Jika terjadi konflik, mereka bisa berada jauh di belakang garis musuh dan melemparkan sejumlah besar rudal atau bom ke pantai China, sehingga melumpuhkan infrastruktur pertahanan inti Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Berbeda dengan pesawat pengebom sebelumnya seperti B-2, B-21 juga dapat terbang dengan drone siluman dan membawa puluhan rudal udara-ke-udara di ruang senjatanya yang besar, menjadikannya platform yang tangguh untuk pertempuran udara.

Strategi PCA dapat menimbulkan ancaman besar terhadap pertahanan udara China yang sangat bergantung pada sistem peringatan radar yang berbasis pada platform darat, laut, atau udara.

Hal ini telah memaksa China untuk mengembangkan tindakan balasan dengan teknologi baru, menurut Chen dan rekan-rekannya yang universitasnya saat ini berada di bawah sanksi AS karena kedekatannya dengan militer China.

Dalam simulasi tim, para peneliti menunjukkan beberapa kemampuan baru China yang sedang dikembangkan.

Misalnya, saat menuju zona perang virtual, sebuah pesawat China telah mematikan radarnya dan mempertahankan keheningan radio—namun pesawat tersebut masih dapat mensurvei lingkungan sekitar dengan teknologi mutakhir. Tubuhnya, misalnya, ditutupi dengan “kulit konformal”, dapat menangkap sinyal listrik atau panas dari target di kejauhan.

Pesawat siluman China dan drone wingman-nya, dengan kecepatan jelajah supersonik, juga bisa terbang jauh lebih cepat dibandingkan pesawat Amerika.

Rudal hipersonik China dibuat dengan fitur khusus untuk melacak dan membunuh pesawat siluman. Menurut tim Chen, dengan menggunakan “pulse engine” bahan bakar padat baru yang dapat menyesuaikan keluaran daya sesuka hati sepanjang penerbangan, rudal tersebut pertama-tama dapat terbang hingga jarak dekat dan menghantam pesawat musuh dengan kecepatan sangat tinggi.

Pendekatan yang tidak biasa ini, yang jauh lebih sulit untuk diprediksi dan dapat menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan lintasan tradisional, pertama kali diusulkan oleh Qian Xuesen, bapak program roket China, pada tahun 1940-an.

Namun perangkat keras saja tidak bisa menjamin kemenangan, kata para peneliti. Dalam satu simulasi pertarungan, pesawat siluman AS, yang juga dilengkapi dengan sensor mutakhir, mendeteksi peluncuran rudal pada tahap awal dan berbelok tajam untuk menghindari serangan tersebut. Dengan perhitungan cepat, rudal China menyimpulkan kemungkinan besar tidak mengenai sasaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)