China Klaim Mampu Deteksi dan Habisi Bomber Siluman B-21 Amerika

Selasa, 28 November 2023 - 13:30 WIB
loading...
China Klaim Mampu Deteksi dan Habisi Bomber Siluman B-21 Amerika
Tim peneliti China klaim militer Beijing mampu deteksi dan membunuh pesawat pengebom siluman B-21 Amerika Serikat. Foto/via The Star
A A A
BEIJING - China mengeklaim mampu mendeteksi dan membunuh pesawat pengebom (bomber) siluman B-21 Amerika Serikat (AS) beserta kelompok drone pengawalnya.

Klaim ini disampaikan tim peneliti China yang telah mengadakan duel virtual kekuatan pesawat siluman kedua negara, sebagaimana dilaporkan South China Morning Post, Selasa (28/11/2023). Simulasi pertempuran udara virtual ini digelar untuk melihat apa yang diperlukan untuk memenangkan pertempuran udara nyata di masa depan.

Hasilnya menunjukkan bahwa, dengan kombinasi perangkat keras canggih dan taktik baru, China dapat mendeteksi lawan terlebih dahulu.



Dalam salah satu simulasi perang, platform siluman mirip B-21 Raider dan kelompok drone pengawalnya ditembak jatuh oleh rudal udara-ke-udara China, yang dapat mencapai kecepatan tertinggi Mach 6.

Namun jika AS melancarkan serangan balik, perebutan dominasi udara antara dua negara paling kuat di muka Bumi ini akan menjadi begitu kompleks dan intens. “Perlu waktu berjam-jam sebelum semuanya mereda,” kata tim peneliti yang dipimpin oleh profesor Chen Jun dengan Northwestern Polytechnical University di Xian, dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal peer-review Acta Aeronautica et Astronautica Sinica bulan lalu.

Setelah penundaan berbulan-bulan, Northrop Grumman B-21 Raider baru Amerika Serikat melakukan penerbangan pertamanya pada 10 November lalu.

Meskipun hanya mampu melaju dengan kecepatan sekitar 1.000 km/jam, sedikit di bawah kecepatan suara, pesawat pengebom siluman generasi berikutnya itu akan memainkan peran sentral dalam strategi Penetrating Counter Air (PCA) Angkatan Udara AS yang disesuaikan dengan potensi pertempuran dengan pesawat militer China.

Beijing, yang mengeklaim kedaulatan atas Taiwan dan sebagian besar Laut China Selatan, telah membangun beberapa kemampuan area denial yang kuat termasuk jaringan radar besar dan rudal anti-kapal hipersonik untuk mencegah intervensi asing.

Sebagian besar negara, termasuk AS, tidak mengakui Taiwan sebagai negara merdeka namun menentang penggunaan kekuatan apa pun untuk mengubah status quo.

B-21 memiliki tanda radar yang dilaporkan sekecil nyamuk. Jika terjadi konflik, mereka bisa berada jauh di belakang garis musuh dan melemparkan sejumlah besar rudal atau bom ke pantai China, sehingga melumpuhkan infrastruktur pertahanan inti Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Berbeda dengan pesawat pengebom sebelumnya seperti B-2, B-21 juga dapat terbang dengan drone siluman dan membawa puluhan rudal udara-ke-udara di ruang senjatanya yang besar, menjadikannya platform yang tangguh untuk pertempuran udara.

Strategi PCA dapat menimbulkan ancaman besar terhadap pertahanan udara China yang sangat bergantung pada sistem peringatan radar yang berbasis pada platform darat, laut, atau udara.

Hal ini telah memaksa China untuk mengembangkan tindakan balasan dengan teknologi baru, menurut Chen dan rekan-rekannya yang universitasnya saat ini berada di bawah sanksi AS karena kedekatannya dengan militer China.

Dalam simulasi tim, para peneliti menunjukkan beberapa kemampuan baru China yang sedang dikembangkan.

Misalnya, saat menuju zona perang virtual, sebuah pesawat China telah mematikan radarnya dan mempertahankan keheningan radio—namun pesawat tersebut masih dapat mensurvei lingkungan sekitar dengan teknologi mutakhir. Tubuhnya, misalnya, ditutupi dengan “kulit konformal”, dapat menangkap sinyal listrik atau panas dari target di kejauhan.

Pesawat siluman China dan drone wingman-nya, dengan kecepatan jelajah supersonik, juga bisa terbang jauh lebih cepat dibandingkan pesawat Amerika.

Rudal hipersonik China dibuat dengan fitur khusus untuk melacak dan membunuh pesawat siluman. Menurut tim Chen, dengan menggunakan “pulse engine” bahan bakar padat baru yang dapat menyesuaikan keluaran daya sesuka hati sepanjang penerbangan, rudal tersebut pertama-tama dapat terbang hingga jarak dekat dan menghantam pesawat musuh dengan kecepatan sangat tinggi.

Pendekatan yang tidak biasa ini, yang jauh lebih sulit untuk diprediksi dan dapat menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan lintasan tradisional, pertama kali diusulkan oleh Qian Xuesen, bapak program roket China, pada tahun 1940-an.

Namun perangkat keras saja tidak bisa menjamin kemenangan, kata para peneliti. Dalam satu simulasi pertarungan, pesawat siluman AS, yang juga dilengkapi dengan sensor mutakhir, mendeteksi peluncuran rudal pada tahap awal dan berbelok tajam untuk menghindari serangan tersebut. Dengan perhitungan cepat, rudal China menyimpulkan kemungkinan besar tidak mengenai sasaran.

Misi penyerangan secara otomatis diteruskan ke rudal hipersonik lain, yang sedang menuju untuk menyerang drone B-21. Pesawat AS tidak menyangka bahwa rudal China dapat mengubah sasaran dengan cepat, dan gagal memberikan respons efektif sebelum terjadi benturan.

Saat sekarang, pengambilan keputusan dalam pertempuran udara sebagian besar berada di tangan pilot. Namun taktik anti-PCA baru China, kata tim Chen, memiliki tingkat kebebasan yang lebih tinggi yang memungkinkan pengambilan keputusan dilakukan dengan cepat antara manusia, drone, dan rudal pada berbagai tahap pertempuran menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan).

Secara umum diyakini bahwa senjata hipersonik hanya dapat menyerang target yang diam atau bergerak lambat karena sulitnya pengendalian dalam penerbangan dengan kecepatan tinggi. Namun dalam simulasi pertempuran, rudal China dapat berbelok tajam segera setelah diluncurkan, sehingga memungkinkan AI untuk membuat beberapa rencana serangan yang sebelumnya dianggap tidak mungkin dilakukan.

Penerapan taktik baru ini memerlukan algoritma AI yang kuat dan dapat berjalan pada chip yang relatif lambat pada platform militer terbang.

Menurut para peneliti, beberapa praktik yang telah lama dihormati dalam pelatihan dan operasi angkatan udara juga akan mengalami beberapa perubahan besar, namun siapa yang melakukan reformasi terlebih dahulu bisa jadi adalah penguasa baru di angkasa.

Militer China telah mengungkapkan berbagai jenis rudal hipersonik tetapi versi untuk pertempuran udara masih dirahasiakan. Angkatan Udara China telah mengonfirmasi bahwa pesawat siluman yang besar dan canggih sedang dikembangkan tetapi waktu penerbangan pertamanya masih belum pasti.

Jumlah pesawat J-20—pesawat tempur siluman China—diperkirakan lebih besar dari jumlah F-22 Raptor Amerika, namun jauh lebih rendah dibandingkan jumlah pesawat tempur F-35 Washington. Militer China dilaporkan sedang menguji J-20 versi dua kursi yang dapat terbang dalam formasi dengan sejumlah drone.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)