Perang Gaza Belum Berakhir! Berikut 3 Alasannya

Sabtu, 25 November 2023 - 04:04 WIB
loading...
Perang Gaza Belum Berakhir! Berikut 3 Alasannya
Perang Gaza belum berakhir dengan adanya gencatan senjata antara Israel dan Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Gencatan senjata sudah dimulai. Tapi, apakah perang Gaza sudah berakhir? Jawabannya belum.

Kenapa? Baik dari pihak Israel dan Hamas belum menyatakan bahwa mereka menghentikan pertempuran untuk selama. Gencatan senjata itu hanya jeda sementara saja.

Berikut adalah 3 alasan Perang Gaza belum berakhir.

1. Israel Melarang Warga Kembali ke Gaza Utara

Perang Gaza Belum Berakhir! Berikut 3 Alasannya

Foto/Reuters

Israel mengatakan bahwa Gaza utara berada di luar perbatasan karena para pengungsi Palestina berupaya memanfaatkan jeda dalam pertempuran untuk kembali ke rumah mereka.

Sejumlah besar pengungsi berusaha untuk kembali ke rumah mereka di Gaza ketika gencatan senjata empat hari yang ditengahi oleh Qatar mulai berlaku pada Jumat pagi. Namun, Israel telah memperingatkan warganya bahwa mereka tidak akan diizinkan memasuki wilayah utara wilayah kantong yang dilanda perang tersebut.

Video yang diperoleh Al Jazeera menunjukkan warga Palestina kembali ke rumah mereka di Beit Lahiya di Jalur Gaza utara, meskipun tentara Israel bersikeras bahwa itu adalah zona pertempuran.

Juru bicara militer Israel, Avichay Adraee, merilis pernyataan dalam bahasa Arab pada X.

“Warga Gaza, pergerakan penduduk dari selatan Jalur Gaza ke utara tidak akan diizinkan dengan cara apa pun, tetapi hanya dari utara ke selatan,” bunyi pernyataan tersebut.

“Kami mengajak Anda untuk tidak mendekati pasukan militer dan wilayah utara Lembah Gaza. Manfaatkan waktu untuk memenuhi kebutuhan dan mengatur urusan Anda, ”ujarnya.

“Wilayah utara Jalur Gaza adalah zona pertempuran dan dilarang untuk tinggal di sana. Perang belum berakhir dan kami menghimbau Anda untuk mematuhi ajaran dan peringatan demi keselamatan Anda,” tambah Adraee.

2. Israel Tembaki Warga Gaza yang Pergi ke Gaza Utara

Perang Gaza Belum Berakhir! Berikut 3 Alasannya

Foto/Reuters

Setidaknya dua warga Palestina dilaporkan tewas oleh militer Israel, dan 11 lainnya luka-luka, saat mereka berupaya melakukan perjalanan ke Gaza utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)