5 Fakta RS Al Shifa Gaza, Rumah Sakit yang Menjadi Sasaran Israel

Jum'at, 24 November 2023 - 15:22 WIB
loading...
5 Fakta RS Al Shifa Gaza, Rumah Sakit yang Menjadi Sasaran Israel
Kondisi Rumah Sakit Al-Shifa di Gaza utara, Jalur Gaza, 8 November 2023. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Belum lama ini Rumah Sakit Al-Shifa Gaza telah menjadi sasaran serangan Israel yang berusaha menghancurkan infrastruktur Hamas di Gaza.

Serangan rezim kolonial Zionis di Gaza telah menewaskan lebih dari 14.000 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak.

Rumah sakit yang satu ini merupakan salah satu fasilitas kesehatan terbesar dan tertua di Jalur Gaza. RS Al-Shifa Gaza juga telah menjadi saksi sejarah konflik antara Israel dan Palestina.

Setelah peristiwa penyerangan tersebut terjadi, kini RS Al-Shifa Gaza tidak lagi beroperasi penuh seperti sebelumnya. Untuk mengetahui lebih dekat tentang rumah sakit Gaza tersebut, simak fakta lengkap berikut ini.

Lima Fakta RS Al Syifa di Gaza

1. Rumah Sakit Terbesar di Gaza


Rumah Sakit Al Syifa merupakan rumah sakit terbesar yang ada di jalur Gaza. Rumah sakit ini memiliki tiga fasilitas khusus, yaitu bedah, penyakit dalam, serta kebidanan dan ginekologi.

Sejak didirikan pada tahun 1946, rumah sakit ini menjadi pusat penyembuhan penyakit warga Palestina di Gaza. Sebab, rumah RS Al Syifa ini masuk dalam kategori rumah sakit umum.

2. Menjadi Tempat Berlindung Warga Palestina


Berada di jalur Gaza, rumah sakit ini juga dulunya menjadi salah satu tempat paling aman untuk berlindung bagi warga Palestina. Mereka berlindung di dalam ruangan rumah sakit hingga sampai ada yang bersembunyi di bawah tanahnya.

Tidak hanya warga, tempat ini juga menjadi wadah penyimpanan senjata militer Palestina. Hal tersebut bisa terjadi karena dulunya tempat atau fasilitas umum menjadi zona teraman untuk bersembunyi.

3. Kekurangan Stok Obat-obatan


Sebagai rumah sakit yang berada di zona peperangan, mobilitas alat kesehatan pun kerap mengalami gangguan. Akibatnya, banyak diantara pasien yang meninggal akibat kekurangan stok obat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)