ISIS Klaim Serangan di Stasiun TV Afghanistan

Rabu, 08 November 2017 - 04:16 WIB
ISIS Klaim Serangan di Stasiun TV Afghanistan
ISIS Klaim Serangan di Stasiun TV Afghanistan
A A A
KABUL - Kelompok militan ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap sebuah stasiun televisi di Kabul. Sekelompok orang bersenjata menyamar menjadi polisi dan membunuh seorang satpam serta melepaskan tembakan ke arah staf. Ini merupakan serangan terbaru terhadap pekerja media di Afghanistan.

Pasukan khusus Afghanistan berhasil melibas serangan terhadap Shamshad TV, sebuah stasiun televisi swasta berbahasa Pashto yang berbasis di dekat stadion nasional, setelah sekitar dua jam. Namun polisi mengatakan setidaknya dua orang telah terbunuh dan 20 terluka.

"Orang-orang berpakaian dengan pakaian polisi masuk dan awalnya melemparkan granat tangan, yang membunuh salah satu penjaga kami dan melukai yang lain," ujar Abed Ehsas, direktur berita Shamshad.

"Setelah itu, yang lainnya masuk ke gedung kami dan mulai menembaki. Beberapa rekan kami dipukul, terima kasih, Tuhan, banyak yang berhasil keluar. Beberapa terluka oleh tembakan, kaca jatuh dan saat mereka melompat dari lantai tinggi," sambungnya seperti dinukil dari Reuters, Rabu (8/11/2017).

Baca Juga: BREAKING: Kelompok Bersenjata Serbu Kantor TV Afghanistan

Selama serangan tersebut, sebuah unit pasukan khusus meledakkan dinding beton di sekitar kompleks tersebut dan memasuki lokasi di tengah tembakan. Setidaknya satu penyerang tewas dalam operasi tersebut, sementara yang lain tewas di pintu masuk kompleks.

Dalam sebuah pernyataan yang di muat kantor berita Amaq, ISIS mengaku bertanggung jawab, tanpa memberikan bukti. Kelompok tersebut, yang berbasis di provinsi Nangarhar timur, telah mengklaim sejumlah serangan terhadap sasaran sipil di ibukota Afghanistan.

Tak lama setelah permulaan serangan tersebut, juru bicara utama Taliban, Zabihullah Mujahid mengeluarkan pernyataan yang menolak keterlibatan kelompoknya.

Serangan bunuh diri telah menjadi bagian yang sangat familier dalam kehidupan sehari-hari di Kabul, sekarang dianggap sebagai salah satu tempat paling berbahaya di Afghanistan bagi warga sipil. Tapi itu juga yang terbaru dalam rangkaian yang menargetkan wartawan Afghanistan dan pekerja media.

Tahun lalu seorang pembom bunuh diri Taliban membunuh tujuh anggota stasiun televisi swasta terbesar Afghanistan, Tolo. Pada bulan Mei, Negara Islam mengaku bertanggung jawab atas serangan bunuh diri terhadap penyiar negara bagian RTA di kota timur Jalalabad.

Serangan hari Selasa, yang menggarisbawahi kesan ketidakamanan kronis di Kabul, terjadi sekitar tiga minggu setelah serangkaian serangan termasuk satu di sebuah masjid Syiah di kota tersebut dimana lebih dari 50 orang terbunuh.

Shamshad TV menghentikan pemrograman normal selama serangan, mentransmisikan hanya gambar diam. Tapi siaran dilanjutkan setelah sekitar dua jam, mengatakan bahwa insiden tersebut telah berakhir dan staf terjebak dalam bangunan yang diselamatkan oleh polisi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5425 seconds (0.1#10.140)