Suriah Murka! Sebut Serangan AS Bagian dari Agenda Bermusuhan

Jum'at, 04 Februari 2022 - 14:47 WIB
loading...
Suriah Murka! Sebut Serangan AS Bagian dari Agenda Bermusuhan
Suriah menyebut serangan AS yang menewaskan pemimpin ISIS Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi (Insert) ilegal dan bagian dari agenda bermusuhan. Foto/The Times
A A A
NEW YORK - Seorang pejabat Suriah mengatakan Amerika Serikat (AS) telah melanggar hukum internasional saat melakukan serangan yang menyebabkan kematian pemimpin militan Negara Islam (ISIS) Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi .

“Serangan AS baru-baru ini adalah pelanggaran mencolok lainnya terhadap kedaulatan, persatuan, dan integritas wilayah Suriah, karena dilakukan di tanah Suriah tanpa koordinasi atau persetujuan dari pemerintah Suriah,” kata Aliaa Ali, sekretaris ketiga misi permanen Suriah untuk PBB, seperti dilansir dari Newsweek, Jumat (4/2/2022).

Ali mengatakan klaim menghilangkan ISIS selama beberapa tahun terakhir, tanpa benar-benar dihilangkan membuktikan bahwa AS menggunakan dalih memerangi terorisme untuk mencapai agenda permusuhannya terhadap Suriah.

Ia merujuk pada laporan oulet media milik pemerintah Suriah dan oposisi serta aktiivis di lapangan bahwa setidaknya 13 orang tewas, diantaranya warga sipil.



"Serangan seperti itu yang mengakibatkan korban sipil, termasuk perempuan dan anak-anak, memerlukan akuntabilitas dan menghindari impunitas," katanya.

"Ironisnya, Departemen Pertahanan AS mengklaim dalam sebuah pernyataan bahwa 'Pasukan Khusus melakukan misi yang sukses di Idlib'," imbuhnya.

Diwartakan sebelumnya, pasukan khusus AS telah melancarkan operasi kontraterorisme di desa Atmeh, Suriah. Pentagon menyatakan bahwa operasi itu berjalan sukses dan tidak ada korban dari pihak AS.

Presiden AS Joe Biden menyatakan bahwa operasi itu berhasil menewaskan pemimpin ISIS Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi yang juga dikenal sebagai Haji Abdullah.

Tak lama setelah Biden menyampaikan berita kematian Qurayshi seorang pejabat senior pemerintah mengkonfirmasi laporan tentang korban sipil tetapi mengatakan itu disebabkan oleh aksi pemimpin ISIS yang meledakkan diri, seperti pendahulunya, Abu Bakr al-Baghdadi, saat terpojok oleh pasukan AS di Idlib pada Oktober 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)