7 Fakta Kanal Ben Gurion Israel yang akan Membelah Gaza

Minggu, 19 November 2023 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Konvensi Internasional Konstantinopel - yang ditandatangani pada tahun 1888 oleh negara-negara besar Eropa pada masa itu - pernah menjamin hak lintas melalui Terusan Suez untuk semua kapal selama masa perang dan damai.

4. Bersaing dengan Mesir

7 Fakta Kanal Ben Gurion Israel yang akan Membelah Gaza

Foto/valuetainment

Namun, setelah Terusan Suez dinasionalisasi pada tahun 1956 oleh Presiden Mesir saat itu Gamal Abdel Nasser, Mesir menutup akses ke terusan tersebut beberapa kali setelah berdirinya Israel pada tahun 1948 dan perpindahan warga Palestina, yang juga dikenal sebagai Nakba.

Mesir memblokir kapal-kapal Israel untuk mengakses terusan tersebut dari tahun 1948 hingga 1950, sehingga mempengaruhi kemampuan Mesir untuk berdagang dengan Afrika Timur dan Asia, dan menghambat kemampuan Mesir untuk mengimpor minyak dari kawasan Teluk.

Akses ke Terusan Suez ditutup untuk semua pelayaran internasional pada tahun 1956, menyusul Agresi Tripartit terhadap Mesir, yang melibatkan aliansi antara Israel, Inggris, dan Prancis yang berupaya mendapatkan kembali kendali atas Terusan Suez dan menyingkirkan Nasser dari kekuasaan.

Terusan tersebut secara efektif ditutup selama konflik, dan situasinya meningkat menjadi krisis yang berdampak internasional dan ekonomi.

Terusan Suez juga ditutup selama delapan tahun pada tahun 1967, pada awal Perang Enam Hari, dikenal sebagai Perang Arab-Israel, yang terjadi antara Israel dan koalisi negara-negara Arab (terutama Mesir, Suriah, dan Yordania).

Ketika semua jalur perdagangan darat diblokir oleh negara-negara Arab, kemampuan Israel untuk berdagang dengan Afrika Timur dan Asia, terutama untuk mengimpor minyak dari Teluk Persia, juga sangat terhambat.

Penutupan terusan tersebut juga merupakan guncangan signifikan dan tidak terduga terhadap perdagangan dunia dan mengganggu perdagangan global.

Alternatif terhadap Terusan Suez, terutama yang berada di bawah wewenang sekutu utama Barat, Israel, akan menghilangkan potensi penggunaan Terusan Suez dan Selat Tiran sebagai alat pengaruh Mesir terhadap Israel atau sekutunya.

Terusan Suez berperan penting dalam mendorong kemajuan perekonomian Mesir. Perusahaan ini memperoleh pendapatan melalui tol dan biaya transit yang dipungut dari kapal-kapal yang melewati terusan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)