7 Fakta Kanal Ben Gurion Israel yang akan Membelah Gaza

Minggu, 19 November 2023 - 21:21 WIB
loading...
7 Fakta Kanal Ben Gurion Israel yang akan Membelah Gaza
Kanal Ben Gurion menjadi motif utama Israel meratakan Gaza. Foto/valuetainment
A A A
GAZA - Ketika Israel terus melakukan serangan gencar di Jalur Gaza yang terkepung, pembicaraan tentang peluang ekonomi yang telah lama dibahas, yang dikenal sebagai Proyek Kanal Ben Gurion, muncul secara online.

Dinamakan berdasarkan nama bapak pendiri Israel, David Ben Gurion, proyek ini, yang dimulai pada akhir tahun 1960an, berupaya menciptakan rute alternatif ke Terusan Suez, rute pelayaran utama yang menghubungkan Eropa dan Asia.

Meskipun Israel menolak seruan gencatan senjata dan kampanye militernya di Gaza tidak menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir, penting untuk menyelidiki konteks sejarah Proyek Terusan Ben Gurion, signifikansi yang diusulkan, dan geopolitik rumit di sekitar Terusan Suez.

Untuk memahami motivasi di balik usulan ini, perlu menelusuri sejarah kompleks Terusan Suez, Agresi Tripartit tahun 1956, dan guncangan tak terduga terhadap perdagangan dunia akibat penutupan Terusan Suez.

Latar belakang ini menggarisbawahi potensi kepentingan strategis dari kanal alternatif, yang dikendalikan oleh Israel, dalam dinamika yang terus berkembang di kawasan ini.

Berikut adalah 7 fakta mengenai rencana pembangunan Kanal Ben Gurion.

1. Terinspirasi Pemimpin Zionis Terkemuka dari Polandia

7 Fakta Kanal Ben Gurion Israel yang akan Membelah Gaza

Foto/valuetainment

Melansir The New Arab, David Ben-Gurion (1886–1973) adalah seorang pemimpin Zionis terkemuka dari Polandia, yang dikenal sebagai bapak pendiri Israel.

Ia digambarkan sebagai orang kejam yang memberi perintah kepada milisi Zionis untuk melihat ledakan massal warga Palestina dari tanah mereka dan memfasilitasi masuknya imigran Yahudi dari seluruh dunia ke Palestina. Ia menjabat sebagai perdana menteri pertama Israel pada tahun 1948.

2. Menghubungkan Laut Merah dan Laut Mediterania

Proyek Kanal Ben Gurion merupakan usulan Israel pada tahun 1960-an untuk menghubungkan Laut Merah dengan Laut Mediterania melalui ujung selatan Teluk Aqaba.

Rute tersebut direncanakan melalui kota pelabuhan Eilat dan perbatasan Yordania, melalui Lembah Arabah sejauh sekitar 100 kilometer antara Pegunungan Negev (Naqab) dan Dataran Tinggi Yordania dan berbelok ke barat sebelum cekungan Laut Mati, dan melewati sebuah lembah di wilayah tersebut. Pegunungan Negev (Naqab). Kapal ini kemudian akan menuju ke utara lagi untuk menghindari Jalur Gaza dan terhubung ke Laut Mediterania.

3. Menjadi Pesaing Terusan Suez

Namun, hubungan antara Laut Merah dan Laut Mediterania sudah terjalin melalui Terusan Suez – jalur air buatan di permukaan laut di Mesir yang menawarkan rute langsung antara Atlantik Utara dan samudra Hindia bagian utara bagi kapal, sehingga mengurangi jarak dan waktu perjalanan.

Terusan Suez menyediakan jalur laut terpendek antara Asia dan Eropa dan saat ini menangani sekitar 12 persen perdagangan dunia.

Konvensi Internasional Konstantinopel - yang ditandatangani pada tahun 1888 oleh negara-negara besar Eropa pada masa itu - pernah menjamin hak lintas melalui Terusan Suez untuk semua kapal selama masa perang dan damai.

4. Bersaing dengan Mesir

7 Fakta Kanal Ben Gurion Israel yang akan Membelah Gaza

Foto/valuetainment

Namun, setelah Terusan Suez dinasionalisasi pada tahun 1956 oleh Presiden Mesir saat itu Gamal Abdel Nasser, Mesir menutup akses ke terusan tersebut beberapa kali setelah berdirinya Israel pada tahun 1948 dan perpindahan warga Palestina, yang juga dikenal sebagai Nakba.

Mesir memblokir kapal-kapal Israel untuk mengakses terusan tersebut dari tahun 1948 hingga 1950, sehingga mempengaruhi kemampuan Mesir untuk berdagang dengan Afrika Timur dan Asia, dan menghambat kemampuan Mesir untuk mengimpor minyak dari kawasan Teluk.

Akses ke Terusan Suez ditutup untuk semua pelayaran internasional pada tahun 1956, menyusul Agresi Tripartit terhadap Mesir, yang melibatkan aliansi antara Israel, Inggris, dan Prancis yang berupaya mendapatkan kembali kendali atas Terusan Suez dan menyingkirkan Nasser dari kekuasaan.

Terusan tersebut secara efektif ditutup selama konflik, dan situasinya meningkat menjadi krisis yang berdampak internasional dan ekonomi.

Terusan Suez juga ditutup selama delapan tahun pada tahun 1967, pada awal Perang Enam Hari, dikenal sebagai Perang Arab-Israel, yang terjadi antara Israel dan koalisi negara-negara Arab (terutama Mesir, Suriah, dan Yordania).

Ketika semua jalur perdagangan darat diblokir oleh negara-negara Arab, kemampuan Israel untuk berdagang dengan Afrika Timur dan Asia, terutama untuk mengimpor minyak dari Teluk Persia, juga sangat terhambat.

Penutupan terusan tersebut juga merupakan guncangan signifikan dan tidak terduga terhadap perdagangan dunia dan mengganggu perdagangan global.

Alternatif terhadap Terusan Suez, terutama yang berada di bawah wewenang sekutu utama Barat, Israel, akan menghilangkan potensi penggunaan Terusan Suez dan Selat Tiran sebagai alat pengaruh Mesir terhadap Israel atau sekutunya.

Terusan Suez berperan penting dalam mendorong kemajuan perekonomian Mesir. Perusahaan ini memperoleh pendapatan melalui tol dan biaya transit yang dipungut dari kapal-kapal yang melewati terusan tersebut.

Pada tahun 2021, sekitar 20.649 kapal melintasi Terusan Suez – meningkat 10 persen dibandingkan tahun 2020. Pada tahun 2022, pendapatan tahunan mencapai $8 miliar dari biaya transit. Terusan Suez mencetak rekor baru dengan pendapatan tahunan sebesar $9,4 miliar untuk tahun fiskal yang berakhir 30 Juni 2023.

Meskipun terusan ini merupakan pusat perekonomian Mesir, yang menarik investasi ke negara tersebut dan mengarah pada pengembangan jasa dan industri, namun kepentingan utamanya adalah kemampuannya untuk memfasilitasi perdagangan internasional, menjadikan jalur perdagangan global yang efisien.

5. Lebih Panjang Dibandingkan Terusan Suez

Terusan Ben Gurion, jika dibangun, akan menyaingi Terusan Suez dan menimbulkan ancaman finansial yang besar bagi Mesir.

Jika proyek ini dilaksanakan, panjang saluran ini akan hampir sepertiga lebih panjang dibandingkan Terusan Suez saat ini yang panjangnya 193,3 km, dan siapa pun yang mengendalikannya akan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap jalur pasokan global untuk minyak, biji-bijian, dan pelayaran.

6. Direncanakan Dibangun di Gaza

AS pernah mengusulkan untuk menggunakan sekitar 520 bom nuklir di Gurun Negev (Naqab) untuk membantu pembuatan terusan tersebut. Dengan ratanya Gaza, terdapat dugaan adanya rencana untuk mengambil jalan pintas dan mengurangi biaya dengan mengalihkan kanal langsung melalui tengah-tengah daerah kantong Palestina. Namun, kehadiran warga Palestina di sana tetap menjadi kendala.

7. Mengusir Warga Gaza untuk Proyek Kanal

Sejak Israel melancarkan serangan gencarnya di wilayah kantong yang terkepung, Israel telah mendorong warga Palestina untuk pindah ke selatan dengan terus menerus membom Gaza utara sebelum melakukan invasi darat beberapa minggu kemudian. Setidaknya 400.000 warga Palestina telah mengungsi dari utara ke selatan, menurut statistik dari Biro Pusat Statistik Palestina (PCBS).

Sekitar 800.000 warga Palestina tetap tinggal di wilayah yang dianggap “utara” – yaitu melewati utara Wadi Gaza. Kampanye pemboman Israel yang tidak pandang bulu, yang sebagian besar menargetkan wilayah utara, telah menewaskan sedikitnya 11.470 orang di Gaza – sebagian besar warga sipil, termasuk perempuan dan anak-anak.

Jumlah korban tewas belum diperbarui selama berhari-hari karena Israel menargetkan rumah sakit terbesar di Gaza, Al-Shifa, yang merupakan pusat pengumpulan data kematian dan korban luka.

Israel membantah pihaknya mempunyai rencana untuk mencaplok Jalur Gaza, namun Israel menyerukan “migrasi sukarela” warga Palestina ke Gaza di tengah tuduhan bahwa mereka “membersihkan secara etnis” wilayah tersebut.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)