Israel Bombardir Sekolah Al-Fakhoora di Gaza, Lebih dari 200 Orang Tewas

Sabtu, 18 November 2023 - 19:54 WIB
loading...
Israel Bombardir Sekolah Al-Fakhoora di Gaza, Lebih dari 200 Orang Tewas
Israel menarget sekolah di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel terus menargetkan sekolah yang menjadi pusat penampungan bagi para pengungsi Gaza. Israel mengebom Sekolah Al-Fakhoora di Gaza yang menewaskan lebih dari 200 orang.

Al Jazeera melaporkan sekitar 200 orang tewas dalam pemboman Israel di Sekolah al-Fakhoora. Tujuan serangan seperti al-Fakhoura adalah untuk memaksa warga Palestina pindah ke Gaza selatan

Dengan pertempuran yang sedang berlangsung di Jalur Gaza bagian utara, banyak warga Palestina yang mengungsi ke sekolah-sekolah yang dikelola PBB di sekitar Rumah Sakit Indonesia untuk mendapatkan perlindungan dari pemboman Israel yang tiada henti.

Orang-orang yang berlindung di sekolah al-Fakhoura di kamp pengungsi Jabalia, banyak di antaranya memiliki masalah kesehatan, mengira mereka bisa mencari perlindungan dari kekerasan di sana. Namun tentara Israel sepertinya mengirimkan pesan: Melarikan diri ke selatan Jalur Gaza.

Ini bukan serangan pertama terhadap sekolah-sekolah, dan serangan serupa telah dilakukan sebelumnya, juga terhadap toko roti dan rumah sakit.



Sebelumnya, serangan udara Israel terhadap blok pemukiman di Gaza selatan menewaskan sedikitnya 32 warga Palestina pada hari Sabtu, kata petugas medis, setelah Israel kembali memperingatkan warga sipil untuk pindah karena mereka berbalik menyerang Hamas di selatan wilayah kantong tersebut setelah menaklukkan wilayah utara.

Tindakan seperti itu dapat memaksa ratusan ribu warga Palestina yang melarikan diri ke selatan dari serangan Israel di Kota Gaza untuk pindah lagi, bersama dengan penduduk Khan Younis, sebuah kota berpenduduk lebih dari 400.000 jiwa, sehingga memperburuk krisis kemanusiaan yang mengerikan.

Israel bersumpah untuk memusnahkan kelompok pejuang Hamas yang menguasai Jalur Gaza setelah serangan mereka pada 7 Oktober ke Israel di mana para pejuangnya menewaskan 1.200 orang dan menyeret 240 sandera ke daerah kantong tersebut, menurut penghitungan Israel.

Sejak itu, Israel telah membom sebagian besar Kota Gaza – pusat kota di wilayah tersebut – hingga menjadi puing-puing, memerintahkan depopulasi di bagian utara jalur sempit tersebut dan membuat sekitar dua pertiga dari 2,3 juta warga Palestina di Gaza menjadi pengungsi. Banyak dari mereka yang melarikan diri khawatir bahwa tunawisma mereka akan menjadi permanen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)