AS Menyangkal Beri Israel Lampu Hijau Serang Rumah Sakit Al-Shifa

Kamis, 16 November 2023 - 04:02 WIB
loading...
A A A
“Hal ini benar-benar menggarisbawahi bahwa meskipun AS memberikan dukungan – tidak hanya dalam semangat tetapi juga secara militer dengan memberikan miliaran dolar setiap tahunnya – 'pertahanan' Israel, sebagaimana mereka menyebutnya, Israel sebenarnya melakukan tindakan, yang terkadang, bertentangan dengan keinginan dari Amerika Serikat,” ujar Kimberly Halkett dari Al Jazeera dari Gedung Putih.

Omar Zaqout, seorang pekerja ruang gawat darurat di fasilitas Kota Gaza, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa tentara Israel menahan dan menyerang secara brutal beberapa orang yang mencari perlindungan di rumah sakit.



Serangan itu terjadi setelah beberapa hari pengepungan oleh pasukan Israel. Staf rumah sakit mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka dilarang keluar dari fasilitas dan mereka terpaksa menguburkan jenazah yang membusuk di kuburan massal.

Militer Israel mengatakan pasukannya menemukan pusat komando operasional dan aset milik Hamas dalam penggerebekan di rumah sakit tersebut, namun belum menghasilkan bukti kuat untuk mendukung klaim bahwa itu adalah pusat operasi Hamas.

Juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan pasukannya menemukan senjata, perlengkapan tempur, dan perlengkapan teknologi di sana dan terus melakukan pencarian.

Militer Israel juga merilis sebuah video yang menurut mereka menunjukkan beberapa bahan yang ditemukan dari sebuah bangunan yang dirahasiakan di kompleks rumah sakit, termasuk senjata otomatis, granat, amunisi dan jaket antipeluru.

Kementerian Kesehatan di Gaza pada hari Rabu mengatakan bahwa militer Israel tidak menemukan senjata apa pun ketika menyerbu rumah sakit.

“Pasukan pendudukan tidak menemukan peralatan atau senjata apa pun di rumah sakit. Pada dasarnya, kami tidak mengizinkan ini (senjata di rumah sakit),” kata Munir al-Bursh, direktur Kementerian Kesehatan, dalam sebuah pernyataan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0602 seconds (0.1#10.140)