5 Tragedi Pembantaian Kaum Muslim Terburuk di Dunia, Palestina Termasuk?

Jum'at, 10 November 2023 - 13:43 WIB
loading...
A A A
Pembantaian Muslim Rohingya menjadi salah satu tragedi kemanusiaan paling buruk sepanjang sejarah. Bukan lagi sekadar diskriminasi, namun hal ini sudah mengarah ke genosida.

Sebagian besar Muslim Rohingya digiring menuju kamp di Rakhine, Myanmar. Sementara ada sebagian kecil lain yang berhasil melarikan diri dan mengungsi ke negara tetangga.

Menurut laporan New York Times, Rohingya telah mengalami banyak hal mengerikan. Sebut saja dari eksekusi mati, penguburan massal, pemusnahan desa, hingga pemerkosaan.

Pada salah satu kesaksian tentara Myanmar yang terlibat langsung, mereka mengaku mendapat perintah dari atasannya untuk melakukan pembantaian. Mengerikannya lagi, salah satu perintah yang pernah muncul adalah “Bunuh semua yang kamu lihat, baik anak-anak atau orang dewasa”.

4. Tragedi Reconquista (Spanyol)

5 Tragedi Pembantaian Kaum Muslim Terburuk di Dunia, Palestina Termasuk?

Foto: Middle East Eye

Islam pernah berjaya di Spanyol. Namun, hal tersebut mulai sirna ketika muncul Reconquista atau ‘Penaklukan Kembali’ oleh raja-raja Katolik.

Mengutip Egypt Today, Muslim Spanyol mulai dihadapkan ketidakpastian setelah Granada jatuh. Waktu itu, raja Spanyol yang baru mengeluarkan dekrit yang secara efektif memaksa setiap penganut Islam untuk masuk Kristen atau pergi.

Masih kurang ampuh, Francisco Jimenez de Cisneros pada 1499 datang ke Spanyol untuk mempercepat konversi Muslim ke Kristen. Pendekatannya adalah menindas dan melecehkan pemeluk Islam sampai mereka bersedia pindah agama.

Umat Islam Spanyol belum menyerah dan mengadakan pemberontakan. Namun, karena kalah kualitas dan persiapan, mereka dengan mudah dikalahkan pasukan Kristen. Setelahnya, pembantaian dan pemindahan agama paksa pun dilakukan di desa-desa secara bertahap.

5. Palestina

5 Tragedi Pembantaian Kaum Muslim Terburuk di Dunia, Palestina Termasuk?

Foto: ABC News

Palestina masih menjadi berita hangat belakangan ini. Kondisi tak terlepas dari konfliknya dengan Israel yang sudah seperti mendarah daging.

Sepanjang riwayatnya, sudah sangat banyak umat Muslim Palestina yang menjadi korban. Peristiwa Nakba (1948), Pembantaian Deir Yassin (1948), Pembantaian al-Dawayima (1948), dan masih banyak lagi contohnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)