Dua Sekolah Yahudi di Kanada Jadi Sasaran Penembakan

Jum'at, 10 November 2023 - 07:37 WIB
loading...
A A A
“Saya akan tetap mengenakan kippah dengan bangga dan tidak takut untuk tinggal di rumah saya, tempat saya dilahirkan,” katanya, seraya menambahkan bahwa masyarakat mempunyai hak untuk memprotes tindakan pemerintah Israel namun tidak menargetkan orang-orang Yahudi di kota dengan kekerasan.

Aksi penembakan ini terjadi di saat meningkatnya ketegangan di Montreal terkait konflik yang sedang berlangsung antara Palestina dan Israel di Timur Tengah.

Awal pekan ini, bom molotov dilemparkan ke sebuah sinagoga di Dollard-des-Ormeaux, pinggiran kota Montreal. Kemarin, terjadi perkelahian di Universitas Concordia yang mengakibatkan beberapa orang terluka dan satu orang ditangkap.

“Komunitas Yahudi, yang memiliki sejarah hampir 300 tahun di Quebec, sedang diserang, dan antisemitisme bukanlah masalah yang bisa diselesaikan oleh orang Yahudi,” kata Yair Szlak, presiden dan CEO Federation CJA – sebuah organisasi advokasi Yahudi – kepada wartawan.

Berbicara di sebuah acara berita, Wali Kota Montreal Valerie Plante mengimbau agar tetap tenang. Pada saat yang sama, dia mengatakan dia ingin memperjelas bahwa akan ada konsekuensi atas tindakan kekerasan dan kebencian.

"Kau akan bertanggung jawab atas tindakanmu," ujar Plante.

“Ketika saya berbicara dengan orang-orang di jalanan, di toko-toko, yang diinginkan orang-orang adalah perdamaian, jadi kita tidak bisa memberikan ruang bagi orang-orang yang ingin merespons dengan tindakan kekerasan,” imbuhnya.



Di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, Anthony Housefather, anggota parlemen dari Mount Royal – tempat Talmud Torah berada – mengatakan bahwa keamanan lebih ditingkatkan.

Perdana Menteri Justin Trudeau juga menyinggung insiden baru-baru ini yang terjadi di Montreal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)