Media Tel Aviv: UEA dan Israel Pernah Transaksi Senjata Rahasia

Minggu, 08 Oktober 2017 - 03:39 WIB
Media Tel Aviv: UEA dan Israel Pernah Transaksi Senjata Rahasia
Media Tel Aviv: UEA dan Israel Pernah Transaksi Senjata Rahasia
A A A
TEL AVIV - Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel dilaporkan memiliki sejarah transaksi senjata rahasia. Laporan itu dipublikasikan surat kabar Tel Aviv, Maariv.

Pengusaha Israel Metai Kokhafi dan rekan-rekannya di UEA bertanggung jawab sebagai perantara kesepakatan transaksi senjata tersebut.

Laporan investigasi surat kabar tu menyatakan bahwa Kokhafi menyewa pesawat pribadi untuk menerbangkan asistennya dan jenderal Israel ke Ibu Kota UEA, Abu Dhabi, untuk menyetujui persyaratan kesepakatan tersebut.

Kunjungan militer Israel ke Ibu Kota UEA merupakan bagian penting dari setiap penjualan militer. Tidak disebutkan tanggal kesepakatan transaksi senjata itu berlangsung.

Namun, media Tel Aviv itu menulis mantan komandan Angkatan Udara Israel, Jenderal Eitan Ben Eliyahu, sebagai salah satu jenderal yang berkunjung ke Abu Dhabi.

Elihayi pernah memimpin pasukan Israel dalam serangan bertajuk “Operation Grapes of Wrath” di Libanon selatan pada tahun 1996.

Kokhafi, lanjut laporan yang dilansir Al Araby.co.uk, Minggu (8/10/2017), telah ”mempermalukan Israel” setelah dia membuat pengakuan dalam sebuah pertemuan di Singapura bahwa dia dan timnya pernah menengahi kesepakatan senjata dengan UEA.

Investigasi tersebut tidak menyebutkan apakah pemerintah Abu Dhabi terlibat dalam melakukan kesepakatan senjata atau tidak. Baik pemerintah Israel maupun UEA belum mengomentari laporan perihal transaksi senjata rahasia ini.

Tel Aviv dan Abu Dhabi tidak memiliki hubungan diplomatik. Namun, militer kedua negara pernah terlibat latihan militer bersama dengan Amerika Serikat dan Italia di Yunani beberapa bulan lalu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3880 seconds (0.1#10.140)