Perang dengan Hamas, Biden Siapkan Bantuan Militer untuk Israel

Selasa, 07 November 2023 - 19:36 WIB
loading...
A A A
Sementara itu Sarah Yager, direktur organisasi nirlaba Human Rights Watch di Washington, mengatakan kelompoknya mendorong anggota parlemen AS untuk memberikan pengawasan atas bantuan militer ke Israel.

“Kongres, saat ini, tugas utama mereka adalah mengawasi penjualan senjata,” ucap Yager.



“Jadi jika mereka tidak bertanya tentang ke mana senjata-senjata ini digunakan dan bagaimana penggunaannya, maka mereka tidak melakukan tugasnya dengan baik,” ia menambahkan.

Human Rights Watch telah meminta negara-negara seperti AS untuk menunda pengiriman senjata ke Israel dan kelompok bersenjata Palestina, mengingat risiko nyata bahwa senjata tersebut akan digunakan untuk melakukan pelanggaran berat.

Meskipun Human Rights Watch mengecam Hamas karena menargetkan warga sipil dalam serangannya pada tanggal 7 Oktober terhadap Israel, mereka juga menuduh Israel menerapkan “hukuman kolektif” terhadap rakyat Palestina dengan menjatuhkan bom di daerah padat penduduk dan memutus pasokan penting seperti makanan dan air.

Laporan tersebut juga mencatat dugaan penggunaan fosfor putih oleh Israel, bahan kimia beracun yang dapat terbakar pada suhu ekstrem dan ilegal jika digunakan terhadap warga sipil. Namun Israel membantah menggunakan bahan kimia tersebut terhadap warga sipil.

Yager mengatakan AS mempunyai tanggung jawab untuk memastikan uang dan persenjataannya tidak digunakan untuk merugikan warga sipil.

“Saya pikir langkah pertama yang harus dilakukan Kongres dan pemerintahan Biden adalah menilai kembali ke mana senjata-senjata itu akan digunakan dan apakah senjata-senjata itu digunakan untuk melakukan pelanggaran hukum internasional,” kata Yager.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)