AS Kirim Kapal Selam Nuklir ke Timur Tengah, Bos CIA Sambangi Israel

Senin, 06 November 2023 - 07:48 WIB
loading...
AS Kirim Kapal Selam Nuklir ke Timur Tengah, Bos CIA Sambangi Israel
Amerika Serikat mengirim kapal selam nuklir ke Timur Tengah saat perang Israel-Hamas sedang berkecamuk. Foto/Anadolu
A A A
TEL AVIV - Amerika Serikat (AS) telah mengirim kapal selam nuklir ke wilayah Timur Tengah. Dalam waktu yang bersamaan, Direktur CIA William Burns menyambangi Israel.

Pentagon mengumumkan kapal selam kelas Ohio telah tiba di wilayah Timur Tengah yang menjadi tanggung jawab Komando Pusat AS.

Itu merupakan kapal selam terbesar di Angkatan Laut AS yang dilengkapi dengan rudal balistik dan berfungsi sebagai bagian penting dari kekuatan penangkal nuklir AS. Sebelumnya, AS telah mengirim dua kelompok tempur kapal induk ke Mediterania Timur.

“Pada tanggal 5 November 2023, sebuah kapal selam kelas Ohio tiba di wilayah tanggung jawab Komando Pusat AS,” kata Komando Pusat AS (CENTCOM) pada Minggu malam di X.



Sementara itu, Direktur CIA Bill Burns tiba di Israel pada hari Minggu dan bertemu dengan mitranya, Direktur Mossad David Barnea.

Burns, yang berkunjung sebagai bagian dari tur yang mencakup beberapa negara Timur Tengah seperti Mesir, Qatar dan Uni Emirat Arab, dijadwalkan bertemu pada hari Senin dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan juga kemungkinan akan bertemu dengan Kabinet Perang Israel.

Washington ingin mencegah konflik regional yang lebih luas dan telah meningkatkan diplomasi dengan negara-negara regional yang penduduknya marah atas serangan Israel di Gaza.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melakukan kunjungan mendadak ke Irak pada hari Minggu, saat dia melakukan tur ke Timur Tengah dalam upaya meredakan ketegangan di tengah perang Israel-Hamas.

Setelah kunjungan sebelumnya ke Tepi Barat, Blinken mendarat di Baghdad pada Minggu malam untuk kunjungan pertamanya ke negara itu sebagai diplomat utama AS dan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Irak Mohammed al-Sudani.

Blinken mendarat di bandara internasional Baghdad, mengenakan rompi balistik dan melakukan perjalanan dengan helikopter Black Hawk ke Zona Hijau, sisa pendudukan AS di Irak setelah invasi tahun 2003.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)