Kanada Bantu China Buru Buronan Selama Beberapa Dekade

Selasa, 24 Oktober 2023 - 11:59 WIB
loading...
A A A
"Saya tidak percaya dia masih hidup," ucap Ansley. "Saya pikir dia benar-benar bersungguh-sungguh ketika dia berkata: 'Jika polisi China mengetahui bahwa saya berbicara dengan Anda, saya mati’," lanjut dia.

Lai Changxing diusir dari Kanada dan dikembalikan ke China pada tahun 2011, namun hal ini terjadi setelah adanya jaminan tingkat tinggi dari China bahwa dia tidak akan disiksa atau dihukum mati.

Upaya Lai untuk mendapatkan status pengungsi Kanada membuat para pejabat pemerintah China frustrasi, dan hal ini telah membayangi hubungan Kanada-China selama satu dekade–yang membuka jalan bagi kerja sama penegakan hukum kedua negara yang berlanjut hingga saat ini.

"Saya ingat berbicara dengan duta besar China," kata Mulroney.

"Dan dia berkata: 'David, kita tidak akan pernah memiliki hubungan yang normal atau segalanya tidak akan sama sampai Anda mengembalikan Lai Changxing’, dan saya berkata: 'Duta Besar, saya minta maaf Anda mempercayai hal itu, tetapi itulah yang terjadi—Anda tahu , ini adalah luka yang ditimbulkan sendiri’."

“Ada proses yang harus dilalui Lai. Dia memasuki Kanada secara ilegal, Anda tahu latar belakangnya, Anda tidak menceritakannya kepada kami, Anda mengirimkan tim, Anda tahu, tim rahasia untuk membawanya keluar, jadi Anda jangan menyalahkan siapa pun selain dirimu sendiri dalam hal ini," tutur Mulroney.

Kedutaan Besar China di Ottawa belum menanggapi permintaan wawancara The Fifth Estate untuk semua temuan ini.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)