Kanada Bantu China Buru Buronan Selama Beberapa Dekade

Selasa, 24 Oktober 2023 - 11:59 WIB
loading...
Kanada Bantu China Buru Buronan Selama Beberapa Dekade
Temuan investigasi The Fifth Estate menyebbutkan Pemerintah Kanada membantu China dalam mengejar buronan warga negara China yang tinggal di luar negeri. Foto/CBC/The Fifth Estate
A A A
OTTAWA - Pemerintah Kanada telah memberikan bantuan kepada otoritas penegak hukum China dalam mengejar buronan warga negara China yang tinggal di luar negeri, dan Beijing telah memastikan kerja sama Ottawa yang berkelanjutan melalui sejumlah langkah, termasuk barter perdagangan.

Itu merupakan temuan investigasi The Fifth Estate milik kantor berita Canadian Broadcasting Corporation (CBC).

The Fifth Estate mengatakan bahwa di Kanada, bantuan seperti ini terkadang merupakan hasil dari kesepakatan quid pro quo dengan China, melibatkan orang-orang yang mengetahui langsung hubungan tersebut, termasuk dua mantan duta besar Kanada untuk China.

Mantan petugas operasi Royal Canadian Mounted Police (RCMP) di British Columbia Calvin Chrustie mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia menerima arahan "dari tingkat tertinggi di Ottawa" untuk "membantu dan bekerja sama" dengan pejabat China mengenai "buronan terkenal yang mereka diincar di daerah Vancouver”.

Chrustie mengatakan dirinya menolak memfasilitasi pertemuan para pejabat China yang ingin mewawancarai buronan tersebut, dan meyakinkan orang itu untuk secara sukarela pulang ke China untuk menghadapi tuntutan.



Temuan investigasi dari The Fifth Estate, yang dikutip ANI, Selasa (24/10/2023), menyebutkan China telah memastikan kelanjutan kerja sama Kanada dengan melakukan barter perdagangan, menawarkan bantuan untuk memerangi obat-obatan terlarang dan merundingkan pembebasan warga Kanada yang ditahan secara sewenang-wenang di China.

Sekadar diketahui, The Fifth Estate adalah serial investigasi pemenang penghargaan CBC News.

Pengacara imigrasi veteran Toronto Lorne Waldman, yang mewakili sejumlah orang yang kini berada di Kanada dan dicari oleh pihak berwenang China, mengatakan bahwa, "Kepentingan ekonomi kami mendorong hal ini."

"Kami menutup mata terhadap kurangnya supremasi hukum di China dan menutup mata terhadap fakta bahwa kami harus lebih skeptis terhadap bukti-bukti yang datang dari China. Dan seiring berjalannya waktu, kami menutup mata terhadap fakta bahwa agen-agen China beroperasi di Kanada,” katanya.

Aktivitas Agen China di Kanada


Menurut laporan The Fifth Estate, Menteri Keamanan Publik Kanada Dominic LeBlanc menolak diwawancarai untuk kasus tersebut.

Awal tahun ini, para politisi di Ottawa mengecam laporan adanya beberapa kantor polisi China di Montreal, Toronto dan Vancouver. Namun para pejabat Kanada sudah mengetahui dengan baik operasi polisi China di Kanada.

Masih menurut laporan The Fifth Estate, sejak 2014, pemerintah China secara agresif mengupayakan pemulangan pejabat publik yang korup dan penjahat ekonomi yang tinggal di luar negeri melalui operasi polisi bernama Sky Net dan Fox Hunt.

Menurut pemerintah China, lanjut The Fifth Estate, ribuan buronan telah dikembalikan ke China untuk diadili. Banyak pengembalian buronan ini disorot di televisi pemerintah.

Komite Keamanan Nasional dan Intelijen Parlemen Kanada dalam laporan tahunannya pada 2019 menemukan bahwa pejabat keamanan China telah mengambil sejumlah tindakan untuk melakukan Operasi Fox Hunt, "termasuk tekanan diplomatik terhadap negara-negara asing untuk bekerja sama dalam penyelidikan mereka dan perjalanan rahasia untuk membujuk atau memaksa buronan untuk kembali. Mereka menerapkan tindakan ini dengan Kanada."

Namun para kritikus mengatakan bahwa Kanada bekerja sama dengan perburuan buronan China selama beberapa dekade sambil mengabaikan atau meremehkan isu-isu di China seputar kurangnya peradilan independen dan penggunaan paksaan—termasuk penyiksaan—untuk mengumpulkan bukti.

"Kami telah berhasil dalam kasus-kasus yang melibatkan tuduhan China dalam menghilangkan bukti-bukti karena itu adalah produk penyiksaan," kata Waldman.

Dia menolak permintaan The Fifth Estate untuk mewawancarai kliennya yang buron dari China karena kekhawatiran bahwa anggota keluarga di kampung halamannya akan menghadapi pembalasan dari Beijing.

Waldman mengatakan kepada The Fifth Estate bahwa pemerintah federal tidak hanya masih berusaha menyingkirkan klien-kliennya yang diinginkan oleh China, namun para pejabat CSIS (Badan Intelijen Keamanan Kanada) juga telah mewawancarai beberapa klien yang sama untuk menentukan sejauh mana mereka dilecehkan atau diancam oleh otoritas China untuk kembali menghadapi tuntutan.

"Beberapa dari mereka adalah orang-orang yang secara aktif coba dikirim kembali ke China oleh Badan Layanan Perbatasan Kanada," sebut Waldman.

CSIS menolak diwawancarai untuk cerita ini, menurut The Fifth Estate. Namun dalam sebuah email, seorang juru bicara mengatakan bahwa China menggunakan "semua elemen kekuasaan negara untuk melakukan aktivitas yang merupakan ancaman langsung terhadap keamanan dan kedaulatan nasional kita."

Salah satu contoh penting dari hal tersebut, kata juru bicara tersebut, adalah "Operasi Fox Hunt, yang mengeklaim menargetkan korupsi namun juga diyakini telah digunakan sebagai kedok untuk membungkam perbedaan pendapat, menekan lawan politik, memaksa repatriasi dan pemulangan paksa warga (Republik Rakyat China) dan non-RRC yang lahir di RRC, dan menanamkan ketakutan umum terhadap kekuasaan negara di mana pun seseorang berada."

Ekstradisi dan Deportasi


Karena Kanada tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan China, sistem imigrasi dan pengungsi digunakan untuk mengeluarkan orang-orang yang diduga buron. Menurut laporan The Fifth Estate, pejabat Kanada menyampaikan bukti pada sidang Dewan Imigrasi dan Pengungsi yang mereka terima dari otoritas China.

"Saya tidak percaya hakim Pengadilan Tinggi akan mengizinkan ekstradisi kembali ke China mengingat supremasi hukum di sana," tutur Waldman.

"Jadi jika itu masalahnya, dan kami tidak siap untuk mengekstradisi dan kami tidak pernah mengekstradisi, mengapa kami mendeportasi orang kembali ke China berdasarkan bukti yang kami tahu tidak dapat diandalkan?” tanyanya.

Pada 2015, China merilis daftar 100 buronan ekonomi yang dicari, 26 di antaranya diyakini berada di Kanada.

Rincian Badan Layanan Perbatasan Kanada (CBSA) terhadap ribuan warga negara China yang dipindahkan dari Kanada yang diperoleh melalui akses terhadap informasi mengungkapkan bahwa antara tahun 2008 dan 2020, 33 orang telah dipindahkan karena tuduhan "kriminalitas" atau "kriminalitas serius" di negara lain. CBSA menolak diwawancarai untuk cerita ini.

Seorang juru bicara badan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui email: "Dalam semua kasus di mana CBSA memutuskan untuk mengajukan tuduhan tidak dapat diterimanya, Dewan Imigrasi dan Pengungsi adalah pengambil keputusan akhir."

The Fifth Estate menemukan fakta bahwa selama dua dekade terakhir, China mewajibkan kerja sama Kanada dalam perburuan buronan untuk kerja sama dalam hal-hal yang mendesak bagi Kanada.

Dalam laporan itu, RCMP dan CBSA berpartisipasi dalam kelompok kerja dengan rekan-rekan mereka di China untuk membahas berbagai bidang kolaborasi, termasuk memulangkan buronan di Kanada kembali ke China.

Laporan tahunan Komite Keamanan dan Intelijen Nasional Anggota Parlemen tahun 2019 lebih lanjut mencatat bahwa pada 2015, Urusan Global Kanada memimpin di Ottawa dan "membentuk kelompok kerja antardepartemen dengan CSIS, RCMP, Departemen Kehakiman, dan CBSA yang bertemu secara teratur (setiap dua hingga tiga bulan) untuk mendiskusikan Fox Hunt."

RCMP menolak permintaan wawancara The Fifth Estate untuk cerita ini, namun dalam tanggapan email-nya dikatakan bahwa "melalui kantor Interpol Ottawa dan program petugas penghubung RCMP kami, RCMP bekerja dengan lembaga penegak hukum asing untuk memfasilitasi aspek investigasi internasional."

"Bantuan RCMP dalam masalah internasional selalu dilakukan dengan uji tuntas dan sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ditetapkan di Kanada," demikian isi email tersebut.

Perburuan Buronan Global


Lebih lanjut, laporan The Fifth Estate menyebutkan bahwa awal mula kerja sama Kanada dengan perburuan buronan global oleh China dimulai sejak lebih dari 20 tahun yang lalu ketika kasus korupsi besar-besaran terjadi di provinsi Fujian.

Pada 1999, pejabat imigrasi Kanada menerima klaim status pengungsi dari seorang pria yang dikenal di media Barat sebagai "orang paling dicari di China" dan "raja penyelundupan”.

Lai Changxing diduga telah menyuap pejabat China untuk mengimpor rokok, minyak, dan komoditas lainnya tanpa pajak. Ketika angin politik mulai berubah, Lai meninggalkan China dan tiba di Kanada.

"Lai adalah penipu yang sangat sukses," kata David Mulroney, mantan duta besar Kanada untuk China, kepada The Fifth Estate.

"Disebutkan bahwa hubungannya naik ke tingkat kepemimpinan tertinggi di Beijing, jadi dia adalah orang yang sangat penting bagi mereka."

Pada 2000, dalam upaya memaksa Lai kembali, tiga agen keamanan China dan saudara laki-laki Lai diam-diam melakukan perjalanan ke Vancouver, dengan menyatakan pada permohonan visa bahwa mereka sedang dalam perjalanan bisnis pertanian. Plot tersebut kemudian diungkapkan oleh Lai dalam proses pengungsiannya.

Sebagai bagian dari proses pengajuan permohonan pengungsi Lai, para pejabat Kanada meninjau pernyataan tersumpah dari warga negara China yang diberikan oleh otoritas China yang menyatakan mengetahui aktivitas ilegalnya, termasuk pernyataan dari seorang wanita bernama Tao Mi, yang pernah bekerja untuk Lai dan istrinya.

Khawatir pernyataannya akan digunakan untuk memulangkan Lai ke China, pada November 2001 Tao Mi menghubungi pengacara Kanada Clive Ansley. Lai Changxing menjamu ratusan pejabat partai di Istana Merah di kota Xiamen, di provinsi Fujian. Bangunan tersebut juga dilengkapi dengan ruang karaoke dan panti pijat.

Ansley pernah membuka praktik sebagai pengacara di Shanghai, dan telah menerima pernyataan dari warga negara China untuk pembelaan Lai. Tao Mi datang ke Ansley, katanya, untuk menarik kembali pernyataannya yang memberatkan Lai.

Dia mengatakan dirinya baru menandatangani dokumen tersebut setelah ditahan di kamar hotel selama dua bulan, dan ancaman pernah dilancarkan terhadap putranya yang masih kecil.

"Dia gemetar seperti daun," kata Ansley, dan khawatir tentang apa yang akan terjadi padanya jika pihak berwenang China mengetahui dirinya menarik kembali pernyataannya terhadap Lai.

Pengacara pembela Lai memberi tahu petugas imigrasi Kanada tentang penyangkalan Tao Mi, dengan pemahaman bahwa identitasnya tidak akan diberikan kepada pihak berwenang China.

Kerja Sama Penegakan Hukum


Namun Ansley mengatakan dirinya marah dan "malu menjadi orang Kanada" ketika mengetahui bahwa Tao Mi, hanya beberapa minggu setelah pengakuannya, telah diinterogasi lebih lanjut oleh petugas RCMP di konsulat Kanada di Shanghai di hadapan seorang pejabat keamanan China.

The Fifth Estate memperoleh rekaman video interogasi RCMP. Saat wawancara dimulai, seorang pejabat keamanan negara China bergabung dengan Tao Mi, petugas RCMP dan seorang penerjemah di ruang rapat kecil.

Pada 2007, seorang hakim Pengadilan Federal yang mengeluarkan perintah atas kasus Lai mengatakan bahwa interogasi Tao Mi oleh RCMP di konsulat merupakan sesuatu "hal yang paling tidak pantas."

"Tentu saja tidak ada pembelaan untuk berargumentasi," lanjut Hakim Yves de Montigny. "Bahwa pernyataan interogasi Tao Mi sepenuhnya bersifat sukarela dan hanya menegaskan apa yang dia katakan dalam kesaksian aslinya. Apa lagi yang bisa diharapkan, dengan kehadiran pejabat negara China di sana?"

Ansley terakhir kali melihat Tao Mi di kantornya di Shanghai sekitar 20 tahun lalu.

"Saya tidak percaya dia masih hidup," ucap Ansley. "Saya pikir dia benar-benar bersungguh-sungguh ketika dia berkata: 'Jika polisi China mengetahui bahwa saya berbicara dengan Anda, saya mati’," lanjut dia.

Lai Changxing diusir dari Kanada dan dikembalikan ke China pada tahun 2011, namun hal ini terjadi setelah adanya jaminan tingkat tinggi dari China bahwa dia tidak akan disiksa atau dihukum mati.

Upaya Lai untuk mendapatkan status pengungsi Kanada membuat para pejabat pemerintah China frustrasi, dan hal ini telah membayangi hubungan Kanada-China selama satu dekade–yang membuka jalan bagi kerja sama penegakan hukum kedua negara yang berlanjut hingga saat ini.

"Saya ingat berbicara dengan duta besar China," kata Mulroney.

"Dan dia berkata: 'David, kita tidak akan pernah memiliki hubungan yang normal atau segalanya tidak akan sama sampai Anda mengembalikan Lai Changxing’, dan saya berkata: 'Duta Besar, saya minta maaf Anda mempercayai hal itu, tetapi itulah yang terjadi—Anda tahu , ini adalah luka yang ditimbulkan sendiri’."

“Ada proses yang harus dilalui Lai. Dia memasuki Kanada secara ilegal, Anda tahu latar belakangnya, Anda tidak menceritakannya kepada kami, Anda mengirimkan tim, Anda tahu, tim rahasia untuk membawanya keluar, jadi Anda jangan menyalahkan siapa pun selain dirimu sendiri dalam hal ini," tutur Mulroney.

Kedutaan Besar China di Ottawa belum menanggapi permintaan wawancara The Fifth Estate untuk semua temuan ini.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)