Tak Hanya 2 Kapal Induk, AS Siap Kerahkan Sistem Rudal THAAD dan Patriot Bela Israel

Senin, 23 Oktober 2023 - 09:22 WIB
loading...
Tak Hanya 2 Kapal Induk, AS Siap Kerahkan Sistem Rudal THAAD dan Patriot Bela Israel
Amerika Serikat bersiap kerahkan sistem rudal Patriot dan THAAD tambahan ke Timur Tengah untuk membela Israel. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengumumkan rencana untuk mengirim sistem rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) dan Patriot dalam jumlah yang tidak diungkapkan ke Timur Tengah.

Dua alasan utama pengerahan sistem rudal tambahan itu adalah untuk membantu pertahanan Israel dan melindungi tentara Amerika yang berada di Timur Tengah.

Pengumuman Depertemen Pertahanan muncul Sabtu malam ketika situasi di Timur Tengah genting terkait kekhawatiran perang Israel-Hamas akan menyeret pihak lain dan meluas ke berbagai wilayah di kawasan tersebut.



Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengonfirmasi bahwa AS akan mengerahkan baterai THAAD dan Patriot tambahan ke lokasi di seluruh Timur Tengah untuk meningkatkan perlindungan kekuatan bagi pasukan AS di sana.

“Setelah diskusi terperinci dengan Presiden [Joe] Biden mengenai eskalasi yang dilakukan Iran dan pasukan proksinya di kawasan Timur Tengah baru-baru ini, hari ini saya mengarahkan serangkaian langkah tambahan untuk lebih memperkuat postur Departemen Pertahanan di kawasan,” kata Austin dalam siaran persnya.

“Langkah-langkah ini akan meningkatkan upaya pencegahan regional, meningkatkan perlindungan pasukan AS di wilayah tersebut, dan membantu pertahanan Israel,” imbuh bos Pentagon.

Austin mencantumkan pengerahan THAAD dan Patriot di samping langkah-langkah lain yang telah diambil, termasuk pengerahan dua kelompok tempur kapal induk ke Mediterania Timur dan wilayah tanggung jawab CENTCOM untuk memperkuat kemampuan AS.

“Akhirnya, saya telah menempatkan sejumlah pasukan tambahan untuk bersiap mengerahkan perintah sebagai bagian dari perencanaan darurat yang bijaksana, untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan mereka untuk merespons dengan cepat jika diperlukan,” katanya.

Menteri Pertahanan AS tidak menguraikan rincian mengenai dugaan eskalasi yang dilakukan Iran dan pasukan proksinya.

Sampai saat ini, pernyataan musuh bebuyutan Israel mengenai krisis Palestina-Israel tetap terukur dan terkendali, di mana Teheran tidak hanya menyangkal ada hubungannya dengan serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel, namun juga bergabung dengan Rusia, China, Turki, dan negara-negara lain menyerukan gencatan senjata segera di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)