Konflik Laut China Selatan Memanas, Kapal China dan Filipina Bertabrakan

Minggu, 22 Oktober 2023 - 17:19 WIB
loading...
A A A
Beijing mengklaim kedaulatan atas hampir seluruh Laut Cina Selatan, termasuk sebagian zona ekonomi eksklusif Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Indonesia. Pengadilan Arbitrase Permanen pada tahun 2016 mengatakan klaim China tidak memiliki dasar hukum.

Pekan lalu, militer Filipina menuntut China menghentikan tindakannya yang "berbahaya dan ofensif" setelah sebuah kapal angkatan laut China membayangi dan berusaha menghalangi kapal angkatan laut Filipina yang sedang melakukan misi pasokan.

China telah memperingatkan Filipina terhadap “provokasi” lebih lanjut, dengan mengatakan bahwa tindakan tersebut melanggar kedaulatan wilayahnya.

Tabrakan hari Minggu terjadi saat misi pasokan rutin sebuah kapal yang dikontrak oleh angkatan bersenjata Filipina.

“Tindakan provokatif, tidak bertanggung jawab, dan ilegal” yang dilakukan kapal penjaga pantai China “membahayakan keselamatan awak” kapal Filipina, kata gugus tugas tersebut.

Penjaga pantai China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal Filipina telah mengabaikan peringatan berulang kali, melewati haluan kapal China dan “dengan sengaja menimbulkan masalah”, sehingga menyebabkan tabrakan.

“Perilaku Filipina sangat melanggar peraturan internasional tentang menghindari tabrakan di laut dan mengancam keselamatan navigasi kapal kami,” kata penjaga pantai.

Manila melarang kapal perang BRP Sierra Madre pada tahun 1999 sebagai bagian dari klaim kedaulatannya atas Second Thomas Shoal, yang terletak dalam zona ekonomi eksklusif sepanjang 200 mil.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)