Berlomba Menebar Amal lewat Organisasi Nirlaba

Minggu, 09 Agustus 2020 - 17:23 WIB
loading...
Berlomba Menebar Amal lewat Organisasi Nirlaba
Di zaman modern saat ini organisasi nirlaba terus tumbuh dan berkembang. Meski fokus pada orang daripada keuntungan, mereka ini masih dapat mengumpulkan sumbangan dalam jumlah besar. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
Di zaman modern saat ini keberadaan organisasi nirlaba terus tumbuh dan berkembang. Banyak perusahaan nirlaba memberikan sumbangan cukup besar untuk aktivitas amal.

Meski fokus pada orang daripada keuntungan, sejumlah organisasi nirlaba ini masih dapat mengumpulkan sumbangan dalam jumlah besar. Berikut 10 organisasi nirlaba terbesar di dunia dilihat dari jumlah sumbangan yang berhasil dihimpun. (Baca juga:
Kaya Raya Rajin Berderma, Inilah Deretan Filantropis Dunia)

1. Bill & Melinda Gates Foundation
Berlomba Menebar Amal lewat Organisasi Nirlaba

Jumlah sumbangan yang dihimpun : USD50,7 miliar
Lokasi Kantor Pusat : Seattle, Washington, AS
Tahun Didirikan : 2000
Pendiri : Bill dan Melinda Gates

Yayasan Bill & Melinda Gates adalah organisasi nirlaba terbesar di dunia. Bill Gates dan Melinda dikenal tidak hanya karena kekayaan mereka yang melimpah, tetapi juga karena kedermawanan dan kedermawanan mereka - Yayasan Gates menyumbang sekitar USD1 miliar setiap tahun.

Yayasan fokus pada pendidikan, kesehatan, keberlanjutan, dan kesehatan yang baik untuk semua orang. Dana filantropi Bill secara keseluruhan diarahkan untuk membantu orang miskin. (Baca juga: Bill Gates Minta Elon Musk Jangan Asal Cuap Soal Virus Corona)

2. Wellcome Trust
Berlomba Menebar Amal lewat Organisasi Nirlaba

Jumlah sumbangan yang dihimpun : USD33,7 miliar
Lokasi Kantor Pusat : London, Inggris
Tahun Didirikan : 1936
Pendiri : Sir Henry Wellcome

Wellcome Trust menyumbang set dana non-pemerintah terbesar kedua untuk penelitian medis. Organisasi nirlaba besar ini mendirikan Proyek Genom Manusia, yang dikatakan sebagai kolaborasi internasional terbesar yang pernah dilakukan dalam biologi.

Wellcome Trust saat ini mendanai program PhD untuk dokter di University College London, yang menyambut aplikasi bahkan dari luar universitas. (Lihat grafis: Berikan Kesempatan Disabilitas Berkiprah di Lapangan Kerja)

3. Howard Hughes Medical Institute (HHMI)
Berlomba Menebar Amal lewat Organisasi Nirlaba

Jumlah sumbangan yang dihimpun : USD22,6 miliar
Lokasi Kantor Pusat : Chevy Chase, Maryland, AS
Tahun Didirikan : 1953
Pendiri : Howard Hughes

Merupakan rumah bagi 29 pemenang Hadiah Nobel, Institut Kedokteran Howard Hughes melakukan penelitian di 6 bidang studi biologi yang berbeda. Selain itu, HHMI telah bekerja sama dengan Associated Press untuk meningkatkan liputan jurnalisme ilmiah dan medis. (Baca juga: Menengok 5 Laboratorium Riset Sains dan Teknologi Terbaik di Dunia)

4. Garfield Weston Foundation
Berlomba Menebar Amal lewat Organisasi Nirlaba

Jumlah sumbangan yang dihimpun : USD12,6 miliar
Lokasi Kantor Pusat : London, Inggris
Tahun Didirikan : 1958
Pendiri : W Garfield Weston

Awalnya didirikan di Inggris oleh pengusaha Kanada W. Garfield Weston, organisasi nirlaba ini masih beroperasi di Inggris dan memiliki mitra, Yayasan W. Garfield Weston, di Ontario, Kanada. Sementara banyak dari dana hibah Yayasan Garfield Weston disumbangkan ke banyak gereja.

Yayasan ini juga telah menyatakan bahwa organisasinya fokus memberi sumbangan kepada lembaga keagamaan tanpa melihat afiliasi agamanya. (Lihat foto: Cetak Dua Gol, Aubameyang Jatuhkan Trofi Piala FA Saat Perayaan Juara)

5. Ford Foundation
Berlomba Menebar Amal lewat Organisasi Nirlaba

Jumlah sumbangan yang dihimpun : USD12,4 miliar
Lokasi Kantor Pusat : New York, AS
Tahun Didirikan : 1936
Pendiri : Edsel dan Henry Ford

Awalnya didanai dengan warisan saham di Ford Motor Company , Ford Foundation bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan ketidakadilan sosial sambil mempromosikan nilai-nilai demokrasi yang kuat. Ford Foundation umumnya berinvestasi di lembaga-lembaga dan perorangan yang melakukan perubahan sosial lebih lanjut di samping dukungan mereka terhadap ide-ide baru yang progresif. (Baca juga: Sejarah Ford)

6. Silicon Valley Community Foundation
Berlomba Menebar Amal lewat Organisasi Nirlaba

Jumlah sumbangan yang dihimpun : USD13,5 miliar
Lokasi Kantor Pusat : San Jose, California, AS
Tahun Didirikan : 2007
Pendiri : Nicole Taylor

Awalnya dibentuk oleh penggabungan Peninsula Community Foundation dan Community Foundation Silicon Valley, lembaga nirlaba ini berfokus terutama pada masalah-masalah seperti peluang dan integrasi imigran, keamanan ekonomi, dan pendidikan. Yayasan Komunitas Lembah Silikon juga menawarkan pendanaan yang disarankan donor, yang memungkinkan penerima untuk memilih dari mana uang hibah mereka disumbangkan.

7. Stichting INGKA Foundation
Berlomba Menebar Amal lewat Organisasi Nirlaba

Jumlah sumbangan yang dihimpun : USD12,7 miliar
Lokasi Kantor Pusat : Leiden, Belanda
Tahun Didirikan : 1982
Pendiri : Ingvar Kamprad

Yayasan INGKA Stichting, sebuah organisasi nirlaba yang cukup besar, bekerja dengan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi dengan nama "Yayasan IKEA". Pendiri IKEA, Ingvar Kamprad, menciptakan Yayasan Stichting INGKA filantropis sebagai langkah bisnis yang cerdas untuk menyebarkan ide-ide desain interior sambil memberikan keringanan pajak amal perusahaannya.

8. Azim Premji Foundation
Berlomba Menebar Amal lewat Organisasi Nirlaba

Jumlah sumbangan yang dihimpun : USD12 miliar
Lokasi Kantor Pusat : Bangalore, India
Tahun Didirikan : 2001
Pendiri : Azim Premji

Azim Premji adalah taipan bisnis, dermawan, dan ketua Wipro Limited asal India. Ia mendirikan Azim Premji Foundation untuk menyebarkan pendidikan universal dan berkualitas tinggi yang mempromosikan kehidupan yang adil dan berkelanjutan. Azim Premji Foundation berhasil menjadi yang pertama dalam Daftar Filantropi India selama beberapa tahun berturut-turut.

9. Lilly Endowment
Berlomba Menebar Amal lewat Organisasi Nirlaba

Jumlah sumbangan yang dihimpun : USD11,7 miliar
Lokasi Kantor Pusat : Indianapolis, Indiana, AS
Tahun Didirikan : 1937
Pendiri : Josiah K. Lilly, Sr dan anak

Melayani terutama negara bagian Indiana dan komunitas lokalnya, Lilly Endowment beroperasi di bawah pernyataan misi yang didorong kuat oleh iman Kristen. Nirlaba ini telah memperluas hibah ke perguruan tinggi lokal seperti University of Southern Indiana untuk memberikan siswa lebih banyak kesempatan kerja di daerah tersebut.

10.Kamehameha Schools
Berlomba Menebar Amal lewat Organisasi Nirlaba

Jumlah sumbangan yang dihimpun : USD11,1 miliar
Lokasi Kantor Pusat : Honolulu, Hawaii, AS
Tahun Didirikan : 1887
Pendiri : Bernice Pauahi Bishop

Organisasi nirlaba ini awalnya didirikan oleh puteri Hawaii Bernice Pauahi Bishop, yang merupakan keturunan langsung terakhir dari Raja Kamehameha I. Princess Bernice menghargai pendidikan dan berharap bahwa organisasi nirlaba ini akan membantu membangun masa depan yang lebih baik bagi rakyat Hawaii.

Dia meninggalkan 375.000 hektare tanah leluhur setelah kepergiannya untuk digunakan di bidang pendidikan. Sekolah Kamehameha sekarang menjadi pemilik tanah pribadi terbesar di Hawaii.

Sumber: www.largest.org
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)